67 Ribu Motor Lewati Pantura

67 Ribu Motor Lewati Pantura

KESAMBI - Memasuki H-5, peningkatan kendaraan roda dua di jalur pantura Kota Cirebon meningkat signifikan. Peningkatan paling tinggi terlihat dari kendaraan jenis roda dua yang meningkat dua kali lipat dari hari sebelumnya. 
\"pemudik
Pemudik mulai padati Pantura. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Menurut data yang dirilis Kepolisian Resort Cirebon Kota lengsung malalui Medis Sosial pribadi Kapolres Cirebon Kota, sedikitnya 67.793 kendaraan bermotor tercatat melintas di jalur pantura Kota Cirebon menuju arah Jawa Tengah.

Sedangkan pada hari sebelumnya hanya tercatat 30.019 kendaraan saja. Hal serupa juga terjadi pada jenis kendaraan bisa yang melintas, jika pada H-6 hanya tercatat 468 bus saja yang melintas, maka pada H-5 meningkat dua kali lipat menjadi 729 bis. 

Sementara itu, untuk mobil pribadi dan dan mobil jenis truk masih dalam jumlah yang stabil, belum memperlihatkan peningkatan yang berarti.

Meskipun masih dalam penghitungan, jumlah kendaraan pada H-4 kemarin diperkirakan akan meningkat dari hari sebelumnya, terlihat dari suasana di jalur By Pass yang sudah sejak pagi dilalui oleh ribuan pemudik bermotor. 

Meskipun lonjakan arus mudik sudah mulai terasa, namun kepolisian masih melihat keadaan lalu lintas lancar, sehingga beberapa U-Turn yang biasanya ditutup sampai H-4 kemarin masih dibuka dan bisa digunakan untuk memutar balik.

\"Sudah mulai meningkat, lalu lintas pun ramai lancar, alhamdulillah belum terlihat adanya kepadatan,\" ungkap Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar SIK MHUM MSM.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kota Cirebon pun terus melakukan perbaikan terjhadap beberapa fasilitas dan marga jalan yang akan dilalui para pemudik, seperti di jalur Katiasa-Penggung. Kini di pertigaan jalan tersebut sudah terpasang Traffict Light sehingga lalu lintas disana bisa diatur dan direkayasa sedemikian rupa selama arus mudik.

Pasalnya, kepolisian menyebutkan titik tersebut akan menjadi jalur alternatif jika tol Brexit sudah padat. Kendaraan akan dibuang ke pantura dan salahsatunya adalah melalui pintu tol Ciperna, nah dari pintu tol inilah kemungkinan jalur Katiasa-Penggung turut menjadi jalur sibuk pada puncak aurs mudik yang diperkirakan jatuh pada hari Jumat mendatang.

\"Kita siapkan pos di titik-titik yang rawan kepadatan, termasuk jalur keluar tol hingga pantura, diantaranya dari Ciperna dan pintu tol Plumbon,\" karta Adi Vivid. (sep)

Sumber: