Harga Daging Sapi Tembus Rp130 Ribu

Harga Daging Sapi Tembus Rp130 Ribu

INDRAMAYU - Jelang Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, harga daging sapi di pasar tradisional di Kabupaten Indramayu melonjak mencapai angka Rp130 ribu per kilogram. Kenaikan harga yang terjadi hampir sepekan lalu itu, ditengarai akibat minimnya pasokan. 
\"harga
Pedagang daging sapi di Jatibarang. Foto: Apriyanto/Rakyat Cirebon
Sementara permintaanya tinggi. Seperti terpantau di sejumlah pasar tradisional  Jatibarang, harga daging sapi di Pasaran yang sebelumnya mencapai Rp120 ribu per kilogram kini naik Rp10 ribu setiap kilogramya.

“Harga daging sapi dipasaran Rp120 ribu per kilogram  sejak pertengahan Ramadan, kini mendekati lebaran harganya naik mencapai  Rp130 ribu per kilogram,” beber Darti (30), salah satu konsumen.

Lanjut Darti, disaat kebutuhan akan daging menjelang Idul fitri ini meningkat namun disertai dengan tingginya harga, hal itu jelas  menghambat daya beli masyarakat. Apalagi, daging sapi menjadi salah satu kebutuhan pokok menu yang disajikan untuk sanak saudara  saat Idul Fitri.

“Daging sapi ini bisanya kita masak untuk disandingkan dengan ketupat yang menjadi salah satu menu utama dalam lebaran,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pedangan Daging, Mulyadi (45) mengaku, terjadinya kenaikan harga daging di pasar tradisional tersebut sekitar tiga hari yang lalu, hingga sampai saat ini harga jualnya tembus dingaka Rp130 ribu per kilogram  dari harga sebelumnya Rp120 ribu per kilogram.

Dia juga mengatakan, Tingginya harga daging di pasar tradisional tersebut, terjadi akibat pasokan di tingkat distributor berkurang di tambah permintaan akan kebutuhan daging di masyarakat mengalami peningkatan menjelang hari lebaran nanti.

“Penjual bingung disatu sisi lain ingin jualan kita di beli oleh konsumen, satu sisi lain secara hitung hitungan tidak ketemu,” ungkapnya

Dengan naiknya harga daging tersebut, diakui Darti, berimbas kepada omzet yang dia dapat, akibat para pembeli lebih memilih daging ayam dengah harga yang jauh lebih murah di banding daging sapi. “Terus terang dengan kenaikan harga daging ini omzet kita turung hingga 20 persen di banding dari hari hari sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, kenaikan harga daging sapi itu diperkirakan akan terus naik setiap harinya hingga lebaran tiba, bahkan menurut pedagang harga daging sapi pada lebaran nanti menembus angka hingga Rp160 ribu per kilogram
“Kenaikan harga daging sapi ini juga biasanya akan di ikuti oleh komoditas lainnya seperti sayur mayur dan daging ayam potong,” pungkasnya. (yan)

Sumber: