Omzet Rental Mobil Menurun Drastis

Omzet Rental Mobil Menurun Drastis

MAJALENGKA - Menjelang lebaran, penjualan mobil maupun rental kendaraan roda empat mengalami kelesuan. Bahkan, omzetnya menurun drastis dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
\"usaha
Rental mobil di Majalengka. Foto: Herik/Rakyat Cirebon
 Hal ini karena Majalengka merupakan daerah tujuan mudik, sehingga baik rental maupun pembelian mobil menurun drastis.

Salah seorang manajer penjualan maupun kredit kendaraan yang ada di Cigasong, Dedi SE membenarkan, bisnisnya mengalami penurunan yang cukup banyak. Pihaknya mengakui, tahun sebelumnya juga mengalami penurunan karena Majalengka merupakan tujuan mudik.

\"Omzet terus menerus turun. Tapi, kabar baiknya nanti setelah Lebaran bisa meningkat lagi. Kira-kira seminggu setelahnya sudah mulai ramai. Alasannya untuk kunjungan silaturahmi ke sanak famili,\" ujar Dedi, Selasa (20/6).

Selain itu, kata dia, kondisi ekonomi saat ini yang cenderung lemah turut mempengaruhi bisnisnya. Namun, dalam hal bisnis hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Sehingga selama Ramadan omzetnya tidak terlalu baik.

\"Kami menganggapnya ini sebagai masa istirahat, masa-masa sepi. Serta yang namanya bisnis memang kadang kala ada sepinya. Kadangkala ada ramainya,\" ujarnya.

Namun lain halnya yang dialami oleh penjualan motor. Menghadapi Lebaran justru omzetnya meningkat meskipun tidak terlalu signifikan. Beberapa manajer di daeler resmi mengungkapkan bahwa penjualannya meningkat pesat.

\"Kalau penjualan di kami, khusus motor, justru meningkat. Karena memang ada kebutuhan untuk datang silaturahmi ke sanak keluarga yang jauh lebih simpel menggunakan motor. Alasannya, daripada meminjam ke tetangga atau saudara akan menyulitkan. Makanya konsumen lebih memilih membeli motor meski kredit,\" ujar, salah seorang manajer dealer motor, Hendi. (hrd)

Sumber: