Amankan Arus Mudik, Polres dapat Tambahan Pasukan

Amankan Arus Mudik, Polres dapat Tambahan Pasukan

KUNINGAN- Kepolisian Resort Kuningan mendapat bantuan pasukan pengamanan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1438 hijriah. Pada apel gelar pasukan operasi Ramadniya 2017, di lapangan upacara Mapolres Kuningan, Senin (19/6), ratusan pasukan lain mulai dari aparat TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran (Damkar), Ormas, polisi pelajar, beserta para petugas kesehatan ikut disiapsiagakan.
\"polres
Bupati Kuningan cek pasukan pengamanan Lebaran. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Kapolres Kuningan AKBP, Yuldi Yusman mengatakan, total pasukan berjumlah 187.012 personel yang turunkan dalam Operasi Ramadniya 2017 personil tersebut merupakan gabungan dari Polri, TNI, Pol PP, Ormas dan Poljar.

\"Saya menekankan kepada seluruh personil, untuk fokus pelayanan allout, berikan atensi penuh pada titik-titik rawan laka dan rawan macet,\" kata Yuldi.

Ia menambahkan, sasaran operasi Ramadniya ialah terminal bus, tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan. Kemudian, sasaran kegiatan lainnya yang diamankan antara lain, takbir keliling, shalat Idul Fitri, pembagian zakat, belanja keperluan lebaran, mudik atau balik, rekreasi dan wisata.

“Selain meningkatnya mobilitas manusia, potensi gangguan kemtibmas berupa tindakan kriminalitas akan menjadi perhatian kami,” tandasnya.

Melalui tindakan efektif, Ia berharap akan terwujud rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melaksanakan kegiatan beribadah, mudik maupun berwisata. Terwujud pula keamanan, keselamatan, ketertiban dan keselamatan lalu lintas baik roda angkutan darat, angkutan laut maupun angkutan udara baik dalam pelaksanaan mudik maupun arus balik.

Sementara itu, Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH.MH mengungkapkan, rencana operasi dan seperangkat cara bertindak yang telah dipersiapkan, diharapkan dapat dilaksanakan secara sinergis oleh seluruh unsur pengamana yang terlibat sehingga masyarakat Indonesia dapat merayakan Idul Fitri dengan aman, nyaman,lancar dan dipenuhi dengan ras kebersamaan.

\"Kegiatan pengamana tahun ini, setidaknya ada 3 poin utama yang menjadi perhatian pemerintah, yang pertama Stabilitas harga pangan, kedua Kondisi Kamtibmas yang kondusif, dan keamanan, kelancaran serta kenyamanan arus mudik dan arus balik,\" ungkapnya. (ale)

Sumber: