Pancalang dan Talun Deklarasi Stop Tawuran Malam Lebaran

Pancalang dan Talun Deklarasi Stop Tawuran Malam Lebaran

KUNINGAN- Menjaga jalannya Malam Takbiran agar aman dan kondusif, serta mencegah tawuran yang kerap terjadi pada malam takbiran, unsur Muspika Kecamatan Pancalang menggelar deklarasi anti tawuran yang bertempat di madrasah diniyah desa Tarikolot,  Kecamatan Pancalang, kemarin.
\"pancalang
Pancalang dan Talun deklarasi anti tawuran. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Hadir dalam Deklarasi, Camat Pancalang Sunardi SE, Camat Talun Drs H Nanang Suprayitno M.Si, Kapolsek Pancalang IPTU Maman Hermana, Kapolsek Talun yang diwakili oleh Kanit Reskrim IPTU Muhyidin, Danramil Mandirancan Kapten Inf Ujang Dumisjana, Danramil Talun Kapten Arh Edi Hatton para Kepala Desa se-Kecamatan Pancalang, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.

Kapolsek Pancalang Iptu Maman Hermana mengatakan, deklarasi ini bertujuan untuk mengajak kepada warga supaya bersama-sama menjaga malam takbiran dari hal-hal yang tidak diinginkan, di Kecamatan Pancalang sendiri ada Desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon, Desa tersebut kerap terjadi tawuran yang dipicu dari permasalahan sepele.

“Deklarasi ini sendiri mengajak kepada suluruh elemen masyrakat jangan mudah terprovokasi, laporkan kepada kami jika ada yang memprovokasi, akan kami tindak tegas,” kata Kapolsek.

Pada malam takbiran nanti, kata Kapolsek, pihaknya akan menempatkan personilnya di sejumlah titik rawan. “Kita menurunkan anggota gabungan TNI, Satpol PP dan mitra kamtibmas bersama melakukan pengamanan jalannya malam takbiran,” ujarnya.

Kapolsek mengimbau agar kepada masyarakat untuk merayakan malam takbiran dengan aman dan tertib. “Lebih baik merayakan takbiran di masjid, tidak turun kejalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kanit Polsek Talun Iptu Muhyidin menambahkan, dirinya sangat menyambut baik dengan adanya deklarasi antisipasi tawuran di malam takbiran ini, pemicu tawuran sendiri rata-rata oleh hal sepele antar pemuda.

“Saya sudah intruksikan kepada kepala desa untuk bersama-sama mejaga kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Terpisah, Kabag Ops Polres Kuningan Kompol Erawan menambahkan, pada malam takbiran sejumlah personil disiagakan di titik rawan tawuran, untuk di wilayah Kuningan sendiri ada beberapa titik rawan terjadinya tawuran, seperti Kecamatan Cimahi, Pancalang, Selajambe.

“Kami dirikan Pos pantau di daerah titik rawan tawuran, pos tersebut untuk memonitor kegiatan warga pada malam lebaran,” terangnya.

Kabag menghimbau, kepada para perantau yang akan mudik ke Kuningan untuk tidak membawa perilaku negatif kepada masyarakat Kuningan yang terbukti selama bulan Ramadan ini tidak ada kasus tindak kriminal seperti tahun-tahun sebelumnya seperti tawuran antar warga, penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

“Saya tidak segan-segan untuk menindak para perantau yang mudik dan membikin onar di wilayah Kuningan tercinta ini,” tandasnya.(ale)

Sumber: