Stabilkan Harga Sembako dengan Pasar Murah

Stabilkan Harga Sembako dengan Pasar Murah

INDRAMAYU - Sebagai upaya agar harga barang kebutuhan pokok atau sembako di pasaran tetap stabil, Pemerintah Kabupaten Indramayu menggelar Pasar Murah Ramdan. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Senin hingga Selasa (19-20) itu dipusatkan di Alun-alun Indramayu.
\"pemkab
Pemkab Indramayu gelar pasar murah. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Dengan pasar murah tersebut, pemkab berupaya membantu masyarakat Indramayu yang memiliki tingkat daya belinya rendah. Sehingga dalam memperoleh barang kebutuhan pokok dengan harga di bawah pasar tidak mengalami kesulitan dan beban mahalnya harga. 

Terlebih di pekan terakhir Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1438 Hijriyah. \"Pasar murah ini meskipun belum sepenuhnya menjawab keinginan masyarakat, tapi setidaknya bisa menyediakan barang dengan kualitas bagus dan harga di bawah pasar bagi masyarakat yang daya belinya rendah,\" jelas Wakil Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi, kemarin usai membuka kegiatan.

Menurut Supendi, pemkab senantiasa berupaya memberikan perhatian dan dukungan untuk menyukseskan kegiatan pasar murah tersebut. Karena harga pangan khususnya barang kebutuhan pokok menjadi salah satu indikator yang memberikan kontribusi tinggi terhadap pertumbuhan inflasi daerah. 

\"Pasar murah ini diharapkan dapat mengurangi lonjakan kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang Idul Fitri. Sehingga nantinya berdampak terhadap rendahnya tingkat inflasi di Kabupaten Indramayu,\" paparnya.

Dalam kesempatan itu, wabup mengajak masyarakat Indramayu untuk menjadi konsumen cerdas yang teliti sebelum membeli. Penting pula untuk membaca panduan cara penggunaan produk, perhatikan kartu garansi, perhatikan timbangan yang adil, laporan pengaduan kepada lembaga perlindungan konsumen atau badan penyelesaian sengketa konsumen, juga membeli produk standar nasional Indonesia (SNI). 

\"Perhatikan juga tanggal kadaluwarsa produk yang dibeli, kualitas dan mutu, serta menegaskan kewajiban konsumen,\" sebutnya.

Disampaikan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Indramayu, Omarsyah, pasar murah yang diselenggarakan selama dua hari itu diikuti oleh 30 peserta, termasuk pihak swasta. Adapun harga per paket sembako dibanderol sebesar Rp45.000 dari harga normal yang mencapai Rp88.000 per paket.

Setiap paket tersebut terdiri dari ‎beras sebanyak 5 kilogram, gula 1 kilogram, minyak goreng 1 liter, dan mi instan 5 bungkus. \"Setiap paket disubsidi pemkab sebesar Rp43.000,\" tandasnya. (tar)

Sumber: