Ribuan Personel Amankan Arus Mudik-Balik

Ribuan Personel Amankan Arus Mudik-Balik

INDRA‎MAYU - Ribuan personel Kepolisian Resor Indramayu dikerahkan untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah. Ikut diperbantukan ratusan personel gabungan instansi samping yang disebar di sepanjang jalur pantura Indramayu mulai Senin (19/6).
\"polres
Apel persiapan Operasi Ramadniya. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Kegiatan kemanusiaan dengan sandi Operasi Ramadniya Lodaya 2017 itu diawali apel pergeseran pasukan (serpas) di halaman Mapolres setempat. Dalam penempatannya, ribuan personel disiagakan di pos pengamanan, penjagaan dan pengaturan, hingga di lokasi yang dianggap rawan terjadinya tindak kriminalitas.

Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin menjelaskan, seluruh personel yang disiagakan selama pengamanan arus mudik dan balik sebanyak 1.851, dan 1.250 personel diantaranya merupakan anggota Polres Indramayu.

‎Termasuk 5 regu penembak jitu (sniper) yang sebagian diperbantukan dari Brimobda Polda Jabar. \"Mulai hari ini (Senin, red) personel pengamanan arus mudik dan balik Operasi Ramadniya Lodaya 2017 mulai bergeser ke pos-pos yang sudah ditentukan,\" jelasnya, kemarin usai apel serpas.

Di jalur pantura dengan panjang 68 kilometer, menurutnya menjadi daerah titik lelah yang berpotensi terjadinya berbagai macam kerawanan. Sehingga pihaknya menekan seluruh personel agar meningkatkan kewaspadaan dan berupaya memberikan jaminan keamanan selama musim mudik berlangsung.

Dari kondisi terkini, pihaknya akan melakukan antisipasi kerawanan kriminalitas di sejumlah titik. Diantaranya pada jalan raya di wilayah Lohbener, Losarang, dan Krangkeng. ‎Jalan raya Lohbener dan Losarang merupakan jalur utama transportasi darat nasional yang menghubungkan Jakarta-Cirebon. 

Sedangkan jalan raya Krangkeng berada di jalur alternatif yang menghubungkan Indramayu kota dengan Cirebon. \"Di jalur-jalur itu kita antisipasi dengan menyiagakan tim khusus bersenjata lengkap. Nanti ada patroli terjadwal pada jam-jam yang dianggap rawan,\" terangnya.

Disampaikan, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut telah dilakukan koordinasi dengan dinas/instansi terkait di wilayah hukum Polres Indramayu. Langkah itu sebagai persiapan dan sinergitas untuk kelancaran maupun suksesnya kegiatan. 

Bahkan diharapkannya dapat tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas). \"Kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta kondusivitas harus terwujud dengan baik. Masyarakat khususnya umat muslim harus dapat merayakan lebaran dengan aman, nyaman, dan tertib. Kita tekan segala potensi gangguannya,\" tandas kapolres. (tar)

Sumber: