Penjualan Sayuran Malah Anjlok

Penjualan Sayuran Malah Anjlok

PEKALIPAN – Harga sejumlah bahan makanan di Pasar Induk Jagasatru hingga sepekan jelang lebaran masih stabil. Belum ada lonjakan harga  yang signifikan. Hal ini disebabkan  karena pasokan bahan makanan yang melimpah.
\"stok
Pedagang sayuran pasar Jagasatru. dok. Rakyat Cirebon
Terpantau, di Pasar Induk Jagasatru sejumlah pasokan bahan makanan masih melimpah terutama jenis sayur dan bumbu - bumbuan. Pedagang mengaku, selain menyiapkan stok, banyaknya pasokan juga dipicu akibat stok lama belum terserap pasar.

Ibay, pedagang sayuran di pasar tersebut mengungkapkan,  dalam sehari  sekitar 2,5 ton  sayuran segar mampu dijualnya ke pelanggan harian maupun pelanggan yang akan menjual kembali sayuran di berbagai pasar.

Hanya saja,  untuk saat ini penjualan sayuran justru menurun akibat melimpahnya sayuran di berbagai pasar lain. Sehingga serapan sayuran dari  Pasar Jagasatru  mengalami penurunan. “Stok mah lagi banyak, kemungkinan di pasar lain juga banyak,” ungkapnya.

Salah satu sayur yang dijualnya adalah kol. Jenis sayuran ini biasanya banyak dibutuhkan. Untuk skala besar, Ibay biasa menjualnya kepada pedagang lagi. “Sekarang lagi  menurun, biasanya bisa jual sampai 2,5 ton,” singkatnya.

Harga eceran, kol segar, kata dia, dijual Rp5 ribu, atau turun Rp2 ribu dari harga semula. Sedangkan untuk jenis sayuran lainnya, seperti tomat, kentang dan wortel cenderung stabil. Belum ada kenaikan atau penurunan harga.

Menurutnya, dari jenis bumbu – bumbuan, bawang merah dan bawang putih juga mengalami penurunan harga. Dibanding  Ramadan tahun lalu, harga dua bawang ini berbeda jauh. 

Malika, pedagang bawang menuturkan biasanya harga bawang bisa sampai Rp50 ribu untuk momen yang sama, yakni jelang lebaran. Tahun ini, harga bawang masih berkisar Rp20 ribuan untuk bawang merah. “Kalau bawang putih Rp30 ribu sampai Rp40 ribuan.

Sementara untuk komoditas cabai, kata dia, cabai setan yang biasanya melesat tajam, hingga kini masih  tak bergeming di angka Rp35 ribuan. “Sementara harga cabai merah kriting Rp30 ribu, rawit hijau Rp30 ribu dan cabai merah di angka Rp16 ribu saja,” imbuhnya. (wan)

Sumber: