Walikota Imbau Pemudik Hati-hati di Jalan

Walikota Imbau Pemudik Hati-hati di Jalan

MUSIM mudik lebaran Idul Fitri 2017 sudah tiba. Pada H-7 lebaran, Minggu (18/6) kemarin, lalulintas darat mulai mengalami kenaikan, baik pengguna moda transportasi mobil dan motor maupun kereta api. Lonjakan penumpang di Stasiun Kejaksan juga mulai terlihat.
\"walikota
Walikota Cirebon Nasrudin Azis. dok. Rakyat Cirebon
Mudik seolah menjadi tradisi setiap tahunnya. Jutaan manusia bergerak secara serentak dari daerah rantau ke kampung masing-masing. Di pulau Jawa, Kota Cirebon menjadi salah satu daerah lintasan jalur mudik, baik jalur Pantai Utara (Pantura) maupun jalur kereta api.
Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH mengimbau kepada para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman untuk tetap menjaga kewaspadaan dan kehati-hatian selama di perjalanan. Dengan aktivitas lalu lalang manusia dalam jumlah tinggi, kehati-hatian sangat diperlukan.
“Saya mengimbau kepada masyarakat pemudik agar tetap mengedepankan kehati-hatian. Terutama bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi, agar tidak terburu-buru dengan memacu kendaraannya terlalu tinggi. Yang terpenting bisa sampai kampung halaman dengan selamat,” ungkap Azis.
Ia menambahkan, di sepanjang jalur Pantura Kota Cirebon terdapat banyak posko mudik maupun rest area. Bila lelah berkendara, terutama pemudik pengguna sepeda motor, Azis mengimbau agar segera berhenti di rest area atau tempat yang aman untuk sejenak beristirahat.
“Silakan mampir ke rest area yang tersedia. Kalau mengantuk atau lelah, jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Harus beristirahat sejenak sampai dipastikan siap melanjutkan perjalanan,” katanya.
Sementara terpisah, data yang dicatat PT KAI Daop 3 Cirebon, hingga siang kemarin. Pada H-7 lebaran kemarin siang, sebanyak 6.128 penumpang datang dan 4.371 penumpang yang naik. 

Sedangkan pada H-8 terdapat 6.581 penumpang turun dan 3.565 penumpang naik, pada H-9 terdapat 5.074 penumpang turun dan 3.594 penumpang turun, serta pada H-10 lalu terdapat 4.685 penumpang turun dan 3.307 penumpang naik.

“Bila dilihat dari jumlah kedatangan maupun keberangkatan penumpang sejak H-10 atau tanggal 15 Juni sampai H-7 siang ini (kemarin, red) mengalami kenaikan,” ungkap Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro. (nurul fajri)

Sumber: