Sehari,TKW Kirim THR Rp2 Miliar Lewat WU

Sehari,TKW Kirim THR Rp2 Miliar Lewat WU

LEMAHWUNGKUK - Menjelang Idul Fitri 1438 H, pengiriman uang melalui jasa Western Union (WU) mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
\"tkw
Kantor Pos Cirebon. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Manager Pelayanan Kantor Pos Cirebon, Rudi Rinaldi saat diwawancarai sejumlah wartawan.

\"Seperti biasa, jelang lebaran memang banyak yang mengirim uang melalui jasa WU, terutama dari para TKI yang mau ngasih THR keluarganya,\" ungkap Rudi. 

Sampai hari kerja per 16 Juni lalu, Kantor POS Cirebon mencatat jumlah kiriman uang yang masuk melalui jasa Western Union mencapai angka Rp29 miliar, jumlah tersebut dikatakan Rudi mengalami peningkatan sekitar 15 persen dari jumlah pengirim di hari-hari biasa. 

\"Jumlah tersebut meningkat sekitar Rp3 miliar dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya mencapai Rp26 miliar. Jadi kalau dirata-rata pengiriman bisa sampai Rp2 miliar setiap harinya,\" lanjut dia.

Mengenai peningkatan ini, Rudi mengakui memang merupakan salah satu efek menjelang lebaran. Tidak hanya sampai pada angka Rp29 miliar, Rudi memperkirakan jumlah pengiriman akan terus meningkat hingga lebaran nanti, terutama pada hari-hari krusial mulai H-7 nanti. 

Bahkan, pihaknya pun dikatakan Rudi sudah membuat perkiraan bahwa pada lebaran kali ini, Kantor Pos Cirebon akan menerima kiriman hingga mencapai angka Rp50 miliar dan bahkan lebih.

\"Tahun kemarin saat menjelang lebaran, hanya Rp42 miliar, kita perkirakan tahun ini akan lebih,\" ujar Rudi.

Tingginya pengiriman uang dari luar negeri menuju Cirebon, kata Rudi, diduga karena saat ini Cirebon menjadi salah satu lumbung TKI terbesar di Indonesia. 

Dugaan tersebut terlihat dari jenis kategori dan asal pengirim, yang mana kiriman uang tersebut didominasi oleh pengiriman luar negeri dengan kategori pekerja.

\"Mayoritas pengirim itu dari Timur Tengah, nominal pengirimannya pun besar, mulai dari Rp1-30 juta,\" imbuh Rudi.

Mengingat pengiriman uang melalui WU diperkirakan akan terus meningkat, untuk keamanan Rudi juga mengimbau kepada penerima untuk tidak mempublikasikan Money Transfer Control Number (MTCN) atau memberikannya kepada orang yang tidak dikenal. 

\"MTCN merupakan Kode khusus yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima, simpan baik-baik untuk menghindari hal yang tisak diinginkan,\" kata Rudi. (sep) 

Sumber: