Puncak Arus Mudik Diprediksi H-2

Puncak Arus Mudik Diprediksi H-2

CIREBON - Puncak arus mudik lebaran tahun 2017 yang melewati jalan tol Palimanan–Kanci diprediksi terjadi pada H-2 lebaran. Sedangkan puncak arus balik diperdiksi terjadi pada H+4 lebaran.
\"jasa
Jasa Marga tempel stiker mudik lebaran. Foto: Dandy/Rakyat Cirebon
PT Jasa Marga Cabang Palikanci memprediksi akan terjadi kepadatan volume pada gerbang tol exit Plumbon. Bahkan puncak arus mudik pada tahun ini diprediksi meningkat 8 persen dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut dijelaskan General Manager (GM) Jasa Marga Cabang Palikanci, Dadang Sumaryana saat diwawancarai wartawan Koran ini, mengatakan, persiapan saat ini sudah dilakukan untuk menyambut arus mudik. Mulai dari persiapan kontruksi, pelayanan serta informasi sudah hampir 100 persen siap menyambut pemudik.

“Saat ini untuk kontruksi jalan sudah perbaikan dan pelapisan hampir 70 % dan kita sudah cek tidak ada yang berlubang, H-10 sudah tidak ada lagi perbaikan konstruksi jalan. Prediksi puncak arus mudik pada H-2, sedangkan arus balik H+4,” kata Dadang saat memberikan keterangan pers di rest area 207 Tol Palikanci, beberapa waktu lalu.

Dadang mengimbau kepada pemudik yang beristirahat untuk tidak melebihi dari waktu dua jam di beberapa rest area. Jika pemudik berada di rest area melebihi 2 jam dikhawatirkan akan terjadi penumpukan kendaraan.

“Rest area terdapat fasilitas lengkap sehingga pemudik bisa beristirahat di rest area. Ketentuan bagi pemudik yang diimbau untuk tidak melebihi dua jam beristirahat di rest area memang belum ada tapi dihimbau tidak melebihi dua jam, ini kami lakukan agar tidak ada penumpukan kendaraan di rest area,” kata Dadang.

Dadang juga mengatakan untuk mengatisipasi antrian kendaran yang bisa terjadi dibeberapa titik seperti gerbang tol Plumbon satu, apalagi lanjut dia setelah gerbang tol tersebut para pemudik anak melewati daerah plered yang terkenal kawasan kulinerBatembat di Kecamatan Palimanan sehingga berpotensi terjadi kemacetan.

“Nanti akan ada rekayasa lalu lintas dari Polisi Jalan Raya, sudah koordinasi. Jika antrian sudah mencapai 5 km maka pemudik bisa keluar dari gerbang tol Palimanan 4. Gerbang tol palimanan 4 ini sudah kita buka beberapa waktu lalu,” ujar Dadang.

Jasa Marga juga memprediksi kenaikan volume lalu lintas arus mudik mulai H-7 hingga H-1 di exit Kanci terdapat 134,04 persen dibandingkan dengan hari normal.

“Kita prediksi paling banyak exit di Kanci yang melonjak melebihi 130 persen atau terdapat perbandingan hingga 48 persen dibandingkan dengan prediksi arus mudik 2016 lalu,” katanya.

Jasa Marga mencatat lokasi yang berpotensi terjadinya antrean dan kemacetan, di antaranya gerbang tol Ciperna Barat, gerbang tol Plumbon 2, gerbang tol Kanci, gerbang tol Plumbon, serta gerbang tol Palimanan. (dym)

Sumber: