Usai Salat Fardhu, Selalu Salat Jenazah

Usai Salat Fardhu, Selalu Salat Jenazah

PARA jamaah di Masjid Nabawi Madinah setelah salat fardhu selalu dilanjutkan dengan melaksanakan salat jenazah. 
\"salat
Salat jenazah di masjid Nabawi. Foto: Deny/Rakyat Cirebon
Karena di  Arab Saudi, khususnya Madinah, jika ada masyarakat yang meninggal semuanya diurus oleh pemerintah setempat, sehingga salat jenazahnya seluruh masyarakat Madinah di Masjid Nabawi. 

Ribuan jamaah Masjid Nabawi sangat antusias melaksanakan salat jenazah. Masyarakat Madinah sangat paham tentang ganjaran baik bagi yang melaksanakan salat jenazah dan juga mengantarkannya ke pemakaman. 

Jika keduanya dilakukan oleh jamaah, maka para jamaah tersebut akan diganjar oleh Allah SWT dengan pahala sebesar gunung Uhud. Saya merasakan pemandangan yang berbeda dengan yang terjadi di tanah air.  

Pembimbing umrah kami, Ustadz Jaenudin mengatakan di seluruh Arab Saudi, setiap warga yang meninggal, proses pemakaman semuanya ditanggung oleh pemerintah. 

\"Jadi keluarga jenazah sama sekali tidak mengeluarkan biaya, dan yang mengurus mulai salat jenazah hingga pemakaman itu pemerintah yang tanggung. Keluarga hanya mengikuti saja,\" ujarnya.

Karena ditanggung dan diurus oleh Pemerintah, maka setiap jenazah akan disalatkan di masjid-masjid suci di Arab Saudi. 

\"Kalau Madinah, maka seluruh jenazah warga Madinah itu akan disalatkan di Masjid Nabawi. Sehingga di Masjid Nabawi itu setiap selesai salat Fardhu selalu dilaksanakan salat jenazah,\"ungkapnya. 

Jaenudin mengatakan para jamaah Masjid Nabawi sangat antusias mengikuti salat jenazah. \"Semua jamaah yang hadir dalam salat Fardhu di Masjid Nabawi semuanya ikut menyalatkan jenazah,\" ujarnya.

Menurut Jaenudin sesuai dengan Kitab Umdatul Ahkam, jamaah yang ikut menyalatkan jenazah maka akan diganjar dengan pahala sebesar gunung Uhud. 

\"Bahwa Abu Huroiroh meriwayatkan hadits Rasulullah, tentang jenazah orang yang mensalatkan dapat 1 qirod dan orang mensalatkan mengantarkan ke kuburan, maka dia dapat 2 qirod. Maka sahabat bertanya apa maksud dari 2 qirod, Nabi menjawab yaitu semisal gunung yang besar tapi menurut imam Muslim gunung yang dimaksud adalah Gunung Uhud,\" tuturnya.(*) 

Sumber: