Jelang Mudik, Petugas KAI Cek Mesin Kereta

Jelang Mudik, Petugas KAI Cek Mesin Kereta

CIREBON - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) III Cirebon terus mempersiapkan diri menghadapi musim mudik lebaran Idulfitri tahun 2017 yang tinggal menghitung hari. Utamanya, PT KAI mempersiapkan kondisi KA yang akan digunakan untuk angkutan mudik lebaran.
\"kai
Petugas KAI cek kondisi mesin kereta. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon 
Seperti terlihat kemarin (13/6), di UPT Depo PT KAI Daop III Cirebon, sejumlah petugas teknisi tengat melakukan pengecekan terhadap semua bagian kereta, baik lokomotif, gerbong, mesin, hingga piranti pendukung lainnya yang ada di rangkaian KA. Satu persatu bagian dicek, dipastikan laik digunakan, sehingga KA dijamin laik jalan.

Manager Humas PT KAI Daop III Cirebon, Krisbiyantoro menyampaikan, pengecekan semua bagian pada KA sebenarnya merupakan kegiatan rutin pihaknya. Hanya saja, menjelang musim mudik lebaran, perawatan rutin itu dilakukan lebih cepat dari jadwal biasanya.

“Biasanya perawatan ini dilakukan Juni-Juli, tapi ini dipercepat atau dimajukan waktunya, karena untuk memastikan kondisi KA benar-benar sehat dan laik jalan untuk mengangkut penumpang di musim mudik, sehingga keselamatan bisa terjaga,” ungkap Kris, ditemui di kawasan Stasiun Kejaksan.

Disebutkannya, dalam perawatan rutin tersebut, pihaknya melakukan pengecekan terhadap semua bagian pada badan KA, semisal bagian bogie, kondisi roda, rem, hingga perangkat di bagian dalam seperti AC. “Untuk menghadapi musim mudik lebaran, kita sudah siap 90 persen,” kata dia.

Di sisi lain, Kris menyampaikan, untuk angkutan lebaran Idulfitri tahun ini, pihaknya menyiapkan 79 rangkaian KA penumpang, selama musim mudik sejak 15 Juni sampai 11 Juli mendatang. “Selain itu, ada sedikitnya 32 KA yang melintasi Daop III Cirebon, dari Jakarta menuju wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur,” katanya.

Senada disampaikan Kepala UPT Depo PT KAI Daop III Cirebon, Anang Abdillah. Ia mengaku, perawatan terhadap semua bagian pada KA merupakan kegiatan rutin pihaknya. Hanya saja, menghadapi musim mudik lebaran, pengecekan lebih dimatangkan lagi.

“Kita lakukan pemeriksaan bogie atau bagian bawah KA, untk periksa kondisi rem, roda, dan perangkat lainnya. Kita pastikan kondisinya baik, agar ketika beroperasi tidak terjadi gangguan,” katanya. (jri)

Sumber: