Setengah Tahun Siltap Belum Cair

Setengah Tahun Siltap Belum Cair

MAJALENGKA - Hingga Juni ini para pamong desa belum menerima penghasilan tetap (siltap). Hal itu sudah dirasakan sejak Januari 2017. Kondisi tersebut sungguh memprihatinkan. 
\"penghasilan
Pamong desa saat berkunjung ke BKAD. dok. Rakyat Cirebon
Karena, dua pekan lagi akan menghadapi Idul Fitri yang tentunya akan menguras banyak kebutuhan rumah tangga dan pengeluaran tidak terduga.

Sejumlah pamong di wilayah utara mengaku bingung menghadapi Ramadan ini. Alasannya, uang untuk operasional maupun belanja kebutuhan rumah, sudah habis. 

Bagi sebagian pamong yang punya usaha lain, hal itu masih bisa ditutupi. Namun, tetap saja mereka berharap agar siltap segera bisa dicairkan.

Salah seorang pamong desa asal Malausma, Atep mengeluh belum cairnya siltap. Karena selama enam bulan ini pihaknya belum menerima dana siltap yang menjadi haknya selama ini. Padahal, ia bersama pemdes telah membuat regulasi agar bisa cair setiap bulan.

\"Kami malah sudah melaksanakan untuk membuat aturan atau regulasi agar cair setiap bulan. Faktanya, hingga saat ini belum ada pencairan,” ujar Atep, Senin (12/6).

Hal senada diungkapkan pamong desa Nunuk Baru, Yanto. Pihaknya juga mempertanyakan terkait belum cairnya dana siltap. Yanto kecewa karena pemkab sempat menjanjikan anggaran tersebut bisa cair paling lambat setiap tiga bulan sekali.

Ia berharap agar pemkab memperhatikan nasib para pamong desa. \"Tolonglah kepada pemkab agar memperhatikan para pamong desa,\" ujarnya. (hrd)

Sumber: