Harga Ikan Air Tawar Ikut Naik

Harga Ikan Air Tawar Ikut Naik

MAJALENGKA - Sejak memasuki awal Ramadan hingga saat ini permintaan ikan air tawar meningkat cukup tajam. Jenis ikan tawar yang banyak diminati pembeli di bulan suci ini yakni jenis ikan lele, mas, nila dan patin. 
\"harga
Pedagang ikan di Majalengka. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Mahalnya harga daging sapi dan ayam diduga menjadi penyebab banyaknya warga beralih ke ikan air tawar. 

Pantauan di pasar beberapa pasar di wilayah Majalengka, beberapa pedagang ikan ramai diserbu pembeli, menyusul terus melonjaknya harga daging sapi dan ayam. 

Para petani ikan di Majalengka menjadi semakin sibuk memanen ikan mereka, karena permintaan produksi ikan mereka meningkat tajam.

Pembudidaya ikan air tawar, Yadi Mulyana mengatakan, bertambahnya permintaan ikan air tawar selama Ramadan tahun ini lebih dari yang diperkirakan sebelumnya. “Kenaikannya hampir dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa,” ungkap Yadi, kemarin.

Bertambahnya permintaan, kata dia, tidak hanya datang dari para pedagang. Permintaan yang cukup banyak juga datang dari pemilik usaha pemancingan. “Kalau Ramadan tempat pemancingan sering ramai, terutama pada hari libur atau sore hari sambil menunggu datangnya bedug magrib,” jelasnya.

Sementara itu, penjual ikan air tawar, Jejeh Juariah mengaku, senang dengan masuknya bulan puasa. Sebab, pada Ramadan ini omzet penjualannya mengalami peningkatan.”Alhamdulillah selama bulan puasa ini, penjualan ikan meningkat,” ungkapnya.

Dia merasa tidak kuatir akan kekurangan ikan meski permintaan dari pembeli meningkat. Pasalnya, pasokan ikan air tawar selama ini nyaris tidak ada masalah. 

Kecuali jenis lele yang terkadang terkendala pengadaanya. “Ikan banyak,kalau untuk jenis nila, mujair, tidak kuatir selama ini lancar pengirimannya,” jelasnya.

Salah seorang pedagang ikan di pasar Cigasong, Romiah mengatakan, kisaran harga daging sapi di pasar-pasar ini antara Rp100 ribu sampai Rp110 ribu per kilogramnya, dengan rata-rata Rp100 ribu per kilogramnya. 

“Tingginya harga daging sapi membuat konsumsi daging masyarakat beralih ke komoditi ikan. Hal ini karena harga komoditi ikan cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan daging sapi, meskipun ikan air tawar mengalami kenaikan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, dengan meningkatnya permintaan komoditi ikan, turut meningkatkan pula harga komoditi di beberapa pasar. Seperti, ikan lele yang dipantau di beberapa pasar harganya naik Rp2 ribu dari minggu lalu. 

Harganya naik dari Rp28 ribu menjadi Rp30 ribu. Sedangkan ikan kancra kenaikannya cukup tinggi dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu.

“Diperkirakan harga beberapa komoditi harganya akan bergerak naik, tetapi masih dalam batas ambang aman. Kondisi stok juga masih cukup, baik stok di tingkat pedagang, distributor maupun agen,” katanya.(hsn)

Sumber: