Bersiap Sambut Musim Mudik Lebaran

Bersiap Sambut Musim Mudik Lebaran

MUDIK menjadi tradisi hampir semua umat muslim ketika menyambut Idul Fitri. Mereka yang berada di perantauan, pulang kampung secara bersamaan. Kota Cirebon sendiri menjadi salah satu daerah yang menjadi lintasan jalur mudik, terutama jalur darat.
\"tradisi
Nasrudin Azis tinjau terminal Harjamukti. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Menjadi salah satu daerah yang dilintasi pemudik pada saat menjelang maupun setelah lebaran Idulfitri, Kota Cirebon harus siap menghadapi tradisi tahunan itu. Selain memastikan kesiapan kondisi jalan, rambu-rambu, hingga kondisi Terminal Harjamukti, rekayasa lalulintas juga perlu dipersiapkan.
Walikota Cirebon, Drs Nasrudin Azis SH menyampaikan, pihaknya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) sejauh ini terus mempersiapkan segala perangkat maupun sistem rekayasa lalu lintas dalam menghadapi musim mudik lebaran. Dishub secara intens berkoordinasi dengan Polres Cirebon Kota untuk hal itu.
“Kita pemerintah kota melalui Dinas Perhubungan telah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan arus mudik, apalagi sudah mendekati datangnya musim mudik,” ungkap Azis, kemarin.
Dikatakannya, kesiapan menghadapi mudik yang menjadi perhatian pihaknya, diantaranya kondisi jalan, terutama jalur putama Pantai Utara (Pantura) di Kota Cirebon dan jalan dalam kota yang menghubungkan ke jalur Pantura.
“Jalur Pantura memang bukan kewenangan kita. Tapi kita terus berkoordinasi dengan pusat, apabila terjadi kerusakan atau hambatan tertentu. Untuk jalur dalam kota yang terhubung langsung ke jalur Pantura, kita juga terus pantau kondisi jalannya,” ujarnya.
Begitu juga dengan rambu-rambu lalu lintas, kata Azis, Dishub Kota Cirebon secara rutin memeriksa kesiapannya. Semisal traffic light, dipastikan berfungsi dengan baik. Bahkan, disampaikannya, ada sedikitnya tiga titik traffic light yang sudah diperbaharui.
“Itu dibantu oleh pemprov. Ada tiga titik traffic light yang diperbaharui. Salahsatunya yang ada di depan Terminal Harjamukti atau jalur utama Pantura,” kata politisi Partai Demokrat itu.
Hal yang sama dilakukan pada aspek pengamanan. Semua stakeholder terkait, seperti kepolisian dan TNI sudah bersiap untuk mengamankan arus mudik lebaran tahun ini. Beberapa posko siap didirikan, selain di jalur pantura Kota Cirebon, juga beberapa lokasi lain. “Seperti di terminal dan stasiun. Itu juga akan ada pengamanan,” katanya.
Dengan berbagai persiapan yang dilakukan, Azis berharap, musim mudik tahun ini bisa berjalan lancar. Semua pemudik yang hendak pulang kampung, bisa selamat sampai tujuan. “Kita semua tentunya berusaha maksimal, agar musim mudik tahun ini lancar,” katanya. (nurul fajri)

Sumber: