SMA Favorit Diserbu Pendaftar

SMA Favorit Diserbu Pendaftar

KESAMBI - Memasuki hari ketiga sejak dibuka Selasa lalu, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sejumlah SMA masih tampak antrean panjang. Para orang tua atau calon wali mulid yang rela menunggu berjam-jam untuk mendaftarkan anaknya pada pendaftaran tahap pertama jalur prestasi.
\"ppdb
PPDB SMAN 2 Kota Cirebon. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Tampaknya, raut mereka belum bisa tenang karena nama anaknya belum terdaftar secara online. Pasalnya, sistem yang dipakai untuk pendaftaran online masih mengalami gangguan.

Meskipun demikian, sekolah tetap mengupayakan agar pendaftaran melalui jalur prestasi ini tetap berjalan. Seperti di SMAN 2 Kota Cirebon, pihak sekolah mengambil langkah antisipasi dengan meminta para orang tua agar tetap tenang. 

Para orang tua juga diminta untuk mempercayakan berkas persyaratan yang belum terdaftar online agar dikumpulkan, mereka diminta membuat semacam surat kuasa untuk mempercayakan pendaftaran online agar di koordinir oleh pihak sekolah karena sampai saat ini server masih gangguan.

\"Tadi saya berikan pengarahan kepada para orang tua agar menyerahkan berkas dan daftar manual terlebih dahulu, percayakan kepada kami biar nanti kita koordinir untuk pendaftaran online nya,\" ujar Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Cirebon, Totong Muslihat saat diwawancarai wartawan koran ini, kemarin. 

Totong mengaku, bahwa pihak sekolah tidak tahu-menahu masalah gangguan server yang digunakan untuk pendaftaran online yang terjadi saat ini karena itu kewenangan pihak Provinsi.

Dan untuk mengurai antrian, para orang tua pun mendaftarkan anaknya secara manual dengan menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia.

\"Dari pada menunggu yang tak tahu kapan selesainya, kita koordinir berkasnya dulu, itu berkas numpuk dan itu belum terdaftar secara online,\" lanjut Totong sembari menunjuk tumpukan berkas di meja pendaftaran.

Untuk diketahui, panitia PPDB di SMA tersebut telah menyediakan enam operator dan enam petugas verifikasi berkas pendaftaran. 

Dan enam operator yang disiagakan pun masih menunggu server diperbaiki dan untuk PPDB tahun ini, SMAN 2 Kota Cirebon mendapatkan kuota untuk 384 pelajar baru yang dibagi dalam 12 rombongan belajar (rombel), seperti tercantum dalam aturan, satu rombel terdiri dari 32 peserta didik.

Meski masih mengalami gangguan server, pendaftaran tahap pertama jalur prestasi, jalur gakin dan Perundang-undangan akan tetap dibuka sesuai dengan yang dijadwalkan sampai hari Sabtu mendatang.

\"Pendaftaran online ditunda dulu sampai servernya aktif, yang penting sekarang ada datanya masuk ke panitia dulu,\" imbuhnya. (sep)

Sumber: