Alquran Terbesar Didunia Hadir di KIC

Alquran Terbesar Didunia Hadir di KIC

KUNINGAN - Bagi warga Kuningan tidak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta untuk melihat Alquran terbesar di dunia. Kini Museum Bayt Alquran dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), hadir di Kuningan Islamic Center mulai tanggal 7-15 Juni. 
\"alquran
Alquran raksasa di KIC. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Pengunjung bisa melihat koleksi Alquran dari berbagai ukuran. Ada Alquran klasik yang menggunakan tulisan tangan hingga modern.

Festival Alquran Kuningan 2017 yang bertemakan Raih Berkah Menggapai Rahmah Bersama Al-Qur’an di Bulan Al-Qur’an, dibuka langsung oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, turut hadir Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman.

Juga Ketua MUI KH Abdul Aziz, para kepala SKPD, para Camat se-Kabupaten Kuningan, para alim ulama, tokoh masyarakat, ormas keagamaan dan di ikuti oleh para mahasiswa dan pelajar se -Kabupaten Kuningan.

Bupati Kuningan Kuningan mengucapkan terima kasih kepada lembaga pengembangan Mushaf Al-Qur’an Keementrian Agama Republik Indonesia, karena Kabupaten Kuningan menjadi tempat untuk di adakannya Festival Al-Qur’an pada tahun 2017 yang bertempat di Kuningan Islamic Center yang kita banggakan ini.

Pameran ini adalah momen tepat mensosialisasikan Al-Quran ke seluruh masyarakat sebab itu, even ini harus dijadikan sebagai ajang mencerdaskan umat melalui pandalaman Al-Qur’an serta masyarakat agar mengetahui isi kandungan Al-Qur’an yang sebenarnya.

\"Nanti kita akan suatu kemegahan dari Al-Qur’an yaitu berupa Al-Qur’an terbesar di dunia (Mushaf Wonosobo) yang berukuran 3x4 meter dan 7 Mushaf Al-Qur’an terindah karya putra-putri bangsa Indonesia,\" katanya.

Upaya mengenalkan dan melestarikan Musraf Al-Qur’an ini sesuai dengan kepribadian umat akan sangat mendukung dalam membentengi masyarakat dari segala bentuk pengaruh yang kurang baik.

“Saya mengajak semoga acara Festival Al-Qur’an ini, menjadikan ajang untuk memperkuat kembali silaturahmi diantara komponen umat islam, menjadi alat pemersatu yang universal dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan sesama umat Islam, marilah kita dukung pelaksanana Festival Al-Qur’an ini supaya terlaksana dengan lancardan sukses,” kata Bupati.

Kepala BAYT Al Quran dan Museum Istiqlal, Laznah dan Pentasihan Mushaf Al Quran, Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI Bp H Ridwan MPd mengungkapkan, museum religi ini sangat cocok untuk wisata keluarga anda di bulan suci Ramadan. 

Museum ini, mengoleksi mushaf Alquran yang unik dengan berbagai ukuran. Alquran terbesar dan terkecil sekalipun, menjadi koleksi museum terbesar di Indonesia ini.

“Bayt Alquran, mengoleksi karya-karya terkenal para ulama dan intelektual muslim nusantara sejak abad ke 17-20,” ujarnya.

Di museum Bayt Al-Quran, pengunjung bisa melihat semua yang berhubungan dengan Alquran. Seperti mushaf Istiqlal, mushaf Wonosobo, mushaf Sundawi dengan ragam hias khas Jawa Barat.

“Juga ada mushaf Malaysia Alquran pusaka Republik Indonesia, mushaf Al-Banjari, Alquran kuno nusantara, hingga Alquran huruf braille,” jelasnya.(ale)

Sumber: