Dewan Mahasiswa IAIN Minta Kejelasan Status

Dewan Mahasiswa IAIN  Minta Kejelasan Status

CIREBON - Usai digelar pemilihan raya, akhir Desember 2016 lalu, untuk memilih presiden mahasiswa Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon hasilnya masih terkatung-katung. 
\"mahasiswa
Mahasiswa IAIN Cirebon demo. Foto: Zezen/Rakyat Cirebon
Bahkan, hingga memasuki masa akhir semester ganjil, masih terjadi kekosongan estafet kepemimpinan mahasiwa.

Namun, baru-baru ini telah pihak rektorat telah mengeluarkan surat edaran untuk dilakukannya pemilihan ulang. Sementara, hasil dari pemilihan pertama keputusannya masih kabur. 

Padahal hasil suara dari salah satu pasangan, telah dinyatakan unggul dengan selisih angka lebih dari 100.  

Alhasil, munculnya surat edaran tersebut memicu sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk mendatangi Dr H Farihin M Pd selaku wakil rektor III untuk meminta klarifikasi. 

“Kami dituduh melakukan kecurangan dalam prosesi demokrasi akhir tahun lalu, tetapi pada saat kami meminta bukti tertulis atas apa yang telah dituduhan tidak juga di berikan, lebih-lebih kali ini sudah diedarkan mau ada pemilihan ulang, dasar hukumnya dari mana,” terang Mukti Tubagus Maulana Kordinator aliansi Mahasiswa IAIN Sykeh Nurjati Cirebon.

Maka dari itu, terang Mukti, kami menuntut untuk segera mengeluarkan surat keputusan (SK) atas kemenangan dari pasangan calon nomor urut 2 atas nama Irfan Zainal Arifin dan Nurmalasari. Sehingga dengan demikian, persoalan dan kekosongan akan segera teratasi.

“Pasangan calon yang telah memenangkannya sudah sah secara hukum dan tidak terbukti melakukan pelanggaran atas apa yang telah dituduhkan, maka dari itu segerakanlah keluarkan SK kepada pasangan Irfan dan Nurmalasari, supaya mampu menjadi penggerak dan inspirator dalam usaha pengembangan diri mahasiswa serta menyambung aspirasi mahasiswa,”terang lelaki yang kerap memakai peci itu.

Sebagaimana diketahui total perhitungan suara hasil dari pemilihan raya Dema IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada Senin (2/1) lalu, pasangan Irfan Zainal Arifin dan Nurmalasari unggul dengan perolehan suara 473, mengalahkan pasangan Farihin dan Sutarman yang hanya mendapatkan suara 364, dan suara blank mencapai 39. 

Sementara Dr H Farihin M Pd selaku wakil rektor III mengapresiasi atas kedatangan mahasiswa kepadanya. Hanya saja, ketika diminta untuk mengklarifikasi dan menunjukan tuduhan, pihaknya tidak mau. 

“Saya rasa itu sudah cukup, adapun soal gagasan yang telah disampaikan mahasiswa, akan segera disampaikan ke rektor, dan akan mendapatkan jawaban hingga Senin mendatang,” pungkasnya. (zen)

Sumber: