Peternak Ayam Potong Terpaksa Naikan Harga

Peternak Ayam Potong Terpaksa Naikan Harga

INDRAMAYU - Harga Ayam potong mulai merangkak naik. Kenaikan yang menyentuh  20 persen itu bukan hanya terjadi di pasaran, juga ditingkat peternak. 
\"peternak
Peternak ayam potong Indramayu. Foto: Apriyanto/Rakyat Cirebon
Sebelumnya, harga ayam potong  di tingkat peternak dipatok Rp16 ribu per kilogram. Sedangkan saat ini harga ayam di tangan pedagang menyentuh Rp35 ribu per kilogram.

Salah seorang peternak ayam potong, Marlon Cahyadi (35) mengaku, terpaksa menaikan harga ayam saat Ramadan. Hal itu dilakukan semata-mata untuk menutupi kerugian. Apalagi, saat hari hari biasa harga jual dari ternak sangat rendah dan tidak bisa naik.

\"Harga sebelum Ramadan Rp16  ribu per kilogram, sekarang naik Rp4 ribu menjadi Rp20  ribu per kilogram,\" ungkapnya

Pihaknya pun tidak setuju apabila pemerintah merencanakan penetapan harga eceran tertinggi untuk komoditas  ayam. Karena ketetapan harga ayam maksimal di pasaran akan merugikan para peternak. Bahkan, peternak ayam bisa gulung tikar.

\"Besaranya biaya operasional yang harus di keluarkan para peternak baik dalam proses pengemukan hingga operasional petugas kandang di peternakan,\" paparnya.

Sementara itu, terpantau memasuki hari keenam Ramadan, harga ayam potong di pasar tradisional di Kabupaten Indramayu menembus angka Rp35  ribu per kilogram. 

Mahalnya harga ayam potong di pasar ini terjadi akibat banyak orang  yang terlibat pada proses pendistribusian. Ditambah lagi tingginya permintaan masyarakat selama Ramadan ini dibanding hari biasanya. (yan).

Sumber: