Menhub Berharap BIJB Tepat Waktu

Menhub  Berharap  BIJB Tepat Waktu

KERTAJATI – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati digadang-gadang akan menjadi ikon transit para pengunjung yang mau ke luar negeri dari wilayah Jawa Barat bagian selatan dan timur, serta Jawa Tengah.
\"menhub
Menhub tinjau proyek BIJB. Foto: Herik/Rakyat Cirebon
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, ketika menghadiri acara topping of ceremonial BIJB, Minggu sore (21/5) di area pembangunan bandara. Ia berharap bahwa dalam setahun ini penyelesaian pembangunan bisa  tepat waktu.

\"Sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur akan memadati Bandara Kertajati, di awal tahun 2019 nanti mudah-mudahan bisa beroperasi. Para kontraktor diharapkan mengerjakannya sepenuh hati, karena BIJB akan menjadi ikon Jawa Barat yang paling prestisius,\" ujarnya.

Budi menambahkan pemerintah pusat telah berkomitmen, bahwa akhir tahun ini sudah harus selesai. Oleh karenanya kontraktor agar segera mempercepatnya. \"Design dan segala konsep sejauh ini sudah sesuai rencana, oleh karenanya bandara ini merupakan pembangunan yang sudah dinanti-nantikan,\" ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, H Ahmad Heryawan mengatakan topping ini adalah tanda-tanda pembangunan dikerjakan tepat waktu. Bandara ini sudah dicanangkan sejak dirinya pertama kali dilantik.

\"Dampak lain dari pembangunan bandara ini tanahnya sudah naik menjadi 15 kali lipat. Dulu waktu awal-awal saya jadi gubernur harga tanah di sini masih murah,\" ujarnya.

Heryawan menambahkan luas BIJB ini juga mencapai 1.800 hektar untuk area inti landasan pacunya, ditambah area pendukung lainnya. Sehingga dengan luasnya lokasi bandara ini pihaknya mengklaim bahwa pesawat terbesar sekalipun siap ditampung di BIJB Kertajati.

\"Priangan wilayah Selatan dan Timur bisa lebih cepat sampai ke bandara ditmbah saat ini Cisumdawu ini sudah 6 seksi, lima seksi lagi masih akan dibangun. Selain itu jalan kereta api juga akan segera dibangun,\" pungkasnya. (hrd)

Sumber: