PDIP Layak Usung Acep-Rana

PDIP Layak Usung Acep-Rana

KUNINGAN – Dukungan penuh yang dilontarkan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, TB Hasanudin, agar Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH bersama 2 bupati lainnya di Jabar kembali maju di Pilkada 2018, mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. 
\"acep
Rana Suparman (kiri) bersama Acep Purnama. Foto: Mmumuh/Rakyat Cirebon
Bahkan, beberapa diantaranya justru menyebut PDIP Kuningan sangat layak mengusung satu paket pasangan Cabup-Cawabup, yakni H Acep Purnama SH MH dan Rana Suparman SSos. 

Irham Maulana, pemerhati politik Kuningan mengatakan, dirinya  meyakini  untuk Pilkada Kuningan 2018 akan tetap dimenangkan PDIP. Pendapatnya tersebut beralasan karena saat ini 2 tokoh PDIP. 

Yakni, Bupati H Acep Purnama SH MH dan Ketua DPRD Rana Suparman SSos merupakan tokoh daerah yang cukup diterima di masyarakat. Dengan demikian, ia menganggap kedua tokoh ini sangat layak untuk diusung satu paket pasangan Cabup-Cawabup oleh PDIP.

“Pernyataan Ketua DPD PDIP Jabar, Pak TB Hasanudin yang saya baca di media, beliau akan mendorong 3 Bupati incumbent untuk dicalonkan lagi pada Pilkada serentak 2018 di Jabar. Termasuk Bupati Kuningan, Pak Acep yang akan didorong kembali maju oleh DPD PDIP Jabar. Ini sinyal yang bagus buat PDIP, apalagi kalau nanti Pak Acep disandingkan dengan Pak Rana, Calon Bupatinya Pak Acep, Calon Wabupnya Pak Rana, keren lah,” katanya, Senin (15/5).

Dengan kekuatan dua figur politisi tersebut, sebut Irham, partai banteng moncong putih di Kuningan diprediksinya akan kembali menjadi partai penguasa baik di eksekutif maupun legislatif (Pileg 2019, red). 

Terlebih menurutnya, saat ini baik Acep maupun Rana sering memperlihatkan kebersamaan dan keakraban kepada publik yang dianggapnya sebagai bentuk pernyataan sikap.

“Kita sering melihat Pak Acep dan Pak Rana bersama-sama dalam berbagai acara, walaupun memang itu kapasitasnya kedinasan, yang satu atas nama pimpinan eksekutif dan yang satunya lagi pimpinan legislatif. Sekali lagi kalau saya melihatnya ini bentuk sikap mereka yang benar-benar kompak untuk membawa PDIP kembali menjadi pemenang Pilkada,” sebutnya memprediksi.

Kekuatan PDIP lainnya, lanjut Irham, selain disokong kedua figur utamanya, juga mendapat tambahan kekuatan dengan rajinnya Wakil Bupati Dede Sembada ST yang juga politisi PDIP turun ke masyarakat. 

Saat ditanya bagaimana dengan posisi Dede Sembada jika Acep nantinya berpasangan dengan Rana, ia kembali memprediksi Desem (panggilan Dede Sembada) bisa saja nantinya diproyeksikan untuk calon anggota DPR RI Dapil Jabar X.

“Saya kira Pak Dede Sembada bisa diproyeksikan untuk Caleg RI. Tapi bisa saja disilang, Pak Dede sepaket dengan Pak Acep untuk Pilkada, Pak Rana yang caleg RI. Kuncinya ada di Pak Acep sama Pak Rana kayaknya,” pungkasnya. (muh)

Sumber: