Pramuka Jangan Ada Beda Pandangan Politik

Pramuka Jangan Ada Beda Pandangan Politik

INDRAMAYU - Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan ‎keberagaman di Indonesia. Sehingga perbedaan pandangan politik yang akan berdampak buruk bagi persatuan, ditekankan agar tidak ada di lingkungan Pramuka.
\"gerakan
Dede Yusuf (kanan). Foto: Tardi/Rakyat Cirebon

Pernyataan itu disampaikan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, Dede Yusuf usai melantik jajaran pengurus Kwartir Gerakan Pramuka Cabang Indramayu masa bakti 2017-2022, Jumat (12/5) di Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra. 

Dikatakan, ‎Gerakan Pramuka harus tetap eksis di tengah pergolakan politik yang terjadi di Indonesia saat ini. Apalagi gerakan kepanduan ini dianggap mampu mendidik generasi muda untuk menyintai tanah air. 

\"Seperti diketahui akhir-akhir ini situasi di Indonesia hampir terkotak-kotak karena adanya cara pandang politik yang berbeda-beda. Akibatnya sangat jelas, rongrongan terhadap Pancasila juga sangat terasa oleh masyarakat,\" ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, Gerakan Pramuka yang merupakan gerakan universal akan mampu mengembalikan anak muda saat ini untuk kembali menyintai tanah air, tanpa terpengaruh perkembangan perpolitikan. \"Jadikan Pramuka menjadi kegiatan yang mampu menumbuhkan sikap cinta tanah air bagi generasi muda,\" ujarnya.

Setelah resmi dilantik, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Indramayu, Hj Anna Sophanah mengatakan, Pramuka sebagai gerakan pada jalur pendidikan non formal merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pendidikan. 

Dan gerakan ini bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, serta bermanfaat bagi masyarakat.

Meski demikian, mengembalikan kejayaan Gerakan Pramuka seperti masa lampau, menurutnya bukan pekerjaan yang ringan. \"Tantangan yang cukup berat tetap harus dihadapi, jangan berkecil hati. Mari pacu dan tumbuhkan semangat untuk berupaya maksimal guna memajukan Gerakan Pramuka di Kabupaten Indramayu,\" tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Gerakan Pramuka‎ Kwarcab Indramayu, Drs H Supendi MSi menambahkan, tantangan kepengurusan organisasi yang dipimpinnya kembali itu diakui sangat berat dan beragam. Namun semangat untuk membumikan Pramuka jangan sampai pudar. (tar)

Sumber: