Pemdes Harus Transparan Soal Anggaran Desa

Pemdes Harus Transparan Soal Anggaran Desa

Libatkan Masyarakat dalam Memanfaatkan Sumber Dana

MAJALENGKA- Kepala Desa Cimanggu Kecamatan Bantarujeg, Agus Mustawan mengatakan, transparansi serta melibatkan masyarakat dalam menjalankan pemerintahan desa menjadi hal yang harus dilakukan oleh kepala desa. 
\"warga
Warga Cimanggu ikut musyawarah desa. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Terlebih saat ini desa mendapatkan kucuran dana  yang sangat besar dari pemerintah, baik  pusat, provinsi dan kabupaten. 

Apalagi, kata dia, lahirnya Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, pembangunan desa merupakan tugas dan tanggungjawab desa sendiri. Saat ini, segala program desa termasuk juga pemberdayaan masyarakat semakin besar. 

“Adanya transparansi serta keterlibatan masyarakat dalam pembangunan Desa Cimanggu yang memanfaatkan berbagai sumber anggaran yang ada dapat terealisasi  sesuai rencana,” ujar Agus, Kamis (11/5).

Dijelaskanya, seiring dengan semakin besarnya kucuran anggaran ke desa, maka tanggungjawab semakin besar. Karena itu, bukan hanya dalam pelaksanaan pembangunan saja masyarakat dilibatkan. Lebih dari itu keterlibatan masyarakat juga penting dilakukan dalam proses perencanaanya. 

“Kmai harus mengefektif dan efisienkan dalam pemanfaatan anggaran dari pemerintah ataupun yang bersumber dari pendapan asli desa,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, kata dia, meskipun pendapatan asli desa (PAD) Cimanggu selama ini hanya bersumber dari  aktifitas penambangan yang berada di wilayahnya. 

Akan tetapi, bila dirata-rata penerimaan desa dalam satu tahun sekitar Rp100 juta. Pemanfaatan dana tersebut, sepenuhnya diperuntukan bagi pembangunan desa yang terdiri dari tiga blok. Yakni, blok Cimanggu, Cilgok dan Cilimus. 

“Mengenai mekanisme pemanfaatanya pemdes mempertimbangkan aspirasi warga. Seperti yang dilakukan dalam pertemuan kali ini,”jelasnya.

Agus berharap, dengan adanya keterbukaan dalam pelaksanaan pemdes, bukan hanya pembangunan fisik saja yang dapat berjalan. “Tetapi, juga kondusifitas desa akan terjaga dengan baik,” imbuhnya.(hsn)

Sumber: