Jalur Kuningan-Ciamis Sudah Bisa Dilewati

Jalur Kuningan-Ciamis Sudah Bisa Dilewati

KUNINGAN - Jalan nasional yang menghubungkan akses Cirebon-Kuningan-Ciamis yang putus pada Februari lalu, kini sudah bisa dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun empat bahkan kendaraan berat.
\"jalan
Jalan Kawahmanuk Darma kembali normal. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Bagi kendaraan yang akan melintas harus berhati-hati karena jalan sepanjang 25 meter yang putus tepatnya di Desa Kawahmanuk Kecamatan Darma, walaupun sudah mulus dan bisa dilalui namun pembatas jalan atau barrier belum terpasang.

“Jalan nasional ini sudah bisa dilalui, saat ini kami fokus menyelesaikan pemasangan barrier, oleh karena itu pengemudi diharapkan untuk tetap berhati-hati,” Pejabat Pembuat Komitmen dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Ruas Lohbener-Cirebon-Losari dan Cirebon-Kuningan-Ciamis, Muhamad Nurul, kemarin.

Menurut Nurul, awalnya dalam proses perbaikan jalan amblas ini mengalami kendala, salah satunya adalah cuaca hujan yang turun hampir setiap hari. “Alhamdulillah target kami yang direncanakan awal Mei jalan ini dibuka, sudah tercapai,” katanya.

Diungkapkan Nurul, bagian ruas jalan penghubung sudah bisa dilintasi kendaraan baik mobil dan beberapa jenis kendaraan lainnya.

Rencananya, Nurul penambahan dan pemadatan urukan permukaan jalannya sehingga diharapkan lalu lintas kendaraan yang melintas bisa kembali normal sehingga akses masyarakat kembali cepat dan roda perekonomian kembali pulih.

Nurul juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan kesungai, karena bukti nyata bencana yang memutuskan jalan tersebut akibat dari sumbatan sampah yang menyumbat arus air sehingga menggerus tanah yang mengakibatkan tanah longsor.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kuningan AKP Purwadi mengaku bersyukur jalan nasional penghubung antar Kabupaten ini, sudah selesai proses perbaikannya sehingga bisa dilalui oleh pengendara baik yang dari arah Ciamis ataupun sebaliknya.

“Kepada warga saya meminta untuk tetap berhati-hati, untuk pembatas jalan serta PJU, kami akan berkoordinasi dengan Dishub,” jelasnya. (ale)

Sumber: