Sebelum Ramadan Sudah Tera Ulang

Sebelum Ramadan Sudah Tera Ulang

Bidik Pasar Modern, Tradisional Hingga Kelurahan

KEJAKSAN –  Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon melalui Bidang Kemetrologian bakal menggelar sidak tera ulang di sejumlah pasar. 
\"tera
Terin Meterina. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon 
Hal itu dilakukan untuk memastikan akurasi peralatan timbang dan ukur yang digunakan  bagi keperluan masyarakat.

Kabid Kemetrologian, NR Terin Meterina  mengaku, tengah bersiap jemput bola untuk melakukan tera ulang di sejumlah tempat.

“Untuk peralatan tera ulangnya selain yang pokok di SPBU, juga tera ulang jembatan timbang di pasar, mall, swalayan dan pasar modern hingga ke timbangan balita untuk posyandu,” ungkap Terin kepada  Rakyat Cirebon, Selasa (9/5).

Menurutnya, hanya di awal tahun hanya beberapa tempat  yang bisa disambangi. Hal ini, karena masih kurangnya tenaga teknis yang berwenang melakukan tera ulang. “Termasuk toko emas, neraca timbangan elektronik,” sambungnya.

Terin menyebut, tera ulang akan dilaksanakan sebelum Ramadan. Mengingat di momen bulan suci, peralatan  timbang dan ukur akan banyak dipakai oleh masyarakat. Jangan sampai, angkanya tidak akurat.

Selain upaya jemput bola, pihaknya juga menggandeng  pejabat kelurahan untuk melakukan pendataan sejumlah potensi tera ulang di wilayah masing-masing. 

“Yang penting surat kemampuan tera ulang itu dipegang dulu sama kami sebelum melakukan pendataan di kelurahan untuk menentukan potensinya dulu,” ucapnya.

Jika sudah berjalan, kata dia, Bidang Kemetrologian akan menambah jumlah penera. Bagi masyarakat yang ingin melakukan tera ulang sendiri, Bidang Kemetrologian juga membuka layanan  tera ulang di UPT Metrologi di jalan Wahidin.

“Mudah-mudahan kami bisa menjangkau pelosok dengan dua penera. Sebetulnya kami butuh empat sampai lima penera,” pungkasnya. (wan)

Sumber: