Geger Perahu Purba di Tengah Hutan

Geger Perahu Purba di Tengah Hutan

INDRAMAYU - Warga sejumlah desa di Kecamatan Cikedung, Indramayu digegerkan penemuan sebuah perahu purba di tengah hutan Loyang, Jumat (5/5). Sejumlah aparat termasuk kepolisian yang menerima kabar berupaya memastikan kebenaran informasinya.
\"perahu
Perahu purba di Indramayu. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Berdasarkan keterangan yang dihimpun Rakcer menyebutkan, sebuah perahu berlumut ditemukan warga di tengah hutan yang terdapat di Desa Loyang, Kecamatan Cikedung. Mulanya beredar kabar bahwa perahu tersebut merupakan benda purba, karena di sekitar lokasi tidak ada aktivitas masyarakat menggunakan perahu.

Menurut seorang warga, informasi yang beredar diakuinya mengundang penasaran. Terlebih ada yang mengatakan bahwa panjang perahu sekitar 16 meter dan lebar 4 meteran. Ditambah lagi jarak lokasi penemuan dengan jalan aspal lumayan jauh. \"Perahunya tengkurab, semua bahannya kayu. Eh pas dilihat ukurannya kecil, paling panjangnya 4 meteran lebar 1,5 meter,\" tutur seorang warga, Riharjo (35).

Sementara ada kabar yang mengungkapkan, perahu kayu berlumut itu merupakan perahu milik penambang pasir di wilayah Ujungjaya, Sumedang. Pada beberapa waktu lalu, saat perahu itu digunakan mengangkut pasir diterjang arus deras hingga terbawa ke aliran sungai Cipanas yang melintasi kawasan hutan Loyang.

Meski demikian, hingga berita ini ditulis belum ada pernyataan resmi dari pihak terkait. Sehingga kabar penemuannya masih menjadi pertanyaan di masyarakat. (tar)

Sumber: