Dioperasikan Lagi, Jembatan Timbang Berbenah

Dioperasikan Lagi, Jembatan Timbang Berbenah

INDRAMAYU - Mulai Jumat (27/4) kemarin, sejumlah jembatan timbang kembali dioperasikan, termasuk jembatan timbang di ‎Losarang, Indramayu. Di hari pertama pengoperasiannya, aktivitas di jembatan timbang tersebut masih terpantau sepi. Para pegawainya masih melakukan pembenahan.
\"jembatan
UPPKB Losarang. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Koordinator Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Jawa Barat, Sabiis menjelaskan, ‎pasca ditutup total beberapa bulan lalu, sejumlah jembatan timbang termasuk di Losarang akan segera dioperasikan kembali. 

Namun saat ini masih dilakukan pembenahan terhadap fasilitas yang dibutuhkan untuk kelancaran operasional. \"Kami juga intens mensosialisasikan pengoperasian kembali jembatan timbang ini. Baik secara langsung kepada pengemudi maupun melalui media sosial,\" terangnya.

Disampaikan, Kementerian Perhubungan telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Polri dan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PU-Pera). Langkah itu dilakukan guna mendukung pelaksanaan operasional jembatan timbang di seluruh Indonesia. 

‎\"Jembatan timbang merupakan alat pengawasan angkutan barang dari kelebihan muatan untuk menjaga kelaikan kendaraan dan kerusakan jalan akibat muatan melebihi tonase yang ditentukan,\" kata dia.

‎Dalam rangka meningkatkan pelayanan jembatan timbang pada tahun 2017, lanjutnya, akan dilakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap fasilitas penimbangan kendaraan bermotor sesuai standar pelayanan minimum. Diantaranya meliputi lampu penerangan, rambu dan tanda, hingga estetika utilitas.

Dari total sebanyak 141 jembatan timbang di Indonesia, 25 diantaranya mulai beroperasi dan ada 9 yang dijadikan proyek percontohan. Untuk UPPKB di Pulau Jawa terdiri dari UPPKB Losarang (Jawa Barat), UPPKB Wanareja (Jawa Tengah), UPPKB Widang dan Widodaren di Jawa Timur. (tar)

Sumber: