Pelaku UMKM Diminta Berdayakan Warga Rawa

Pelaku UMKM Diminta Berdayakan Warga Rawa

MAJALENGKA - Bupati Majalengka, H Sutrisno mengingatkan Camat Cingambul agar terus meningkatkan dunia usaha yang sejalan dengan peningkatan ekonomi masyarakat, yang ada di sekitarnya. Pasalnya, Desa Rawa diikutesertakan dalam lomba desa teladan.
\"pelaku
Pelatihan UMKM. Foto: Herik/Rakyat Cirebon
Apalagi Desa Rawa banyak usaha kecil menengah yang memproduksi makanan ringan keripik dan anggaran dana desanya terbesar di Majalengka. Hanya saja berdasarkan survei justru desa Rawa ini masih banyak keluarga miskin.

\"Camat harus betul-betul menggembleng dan terus memotivasi masyarakatnya agar kemiskinan di desa tersebut menurun. Jangan sampai terus meningkat,\" ujar Sutrisno, ketika sambutan dalam HUT PKK ke 45 di gedung Graha, Kamis (27/4).

Sutrisno mengungkapkan, harus ada solusi untuk desa Rawa yang memang merupakan penghasil makanan ringan yang produktifitasnya sampai ke luar Jawa Barat. Juga para pengusaha UMKM harus menularkan ilmu usahanya. Agar masyarakat Rawa benar benar terkurangi tingkat kemiskinannya.

\"Itu berarti ada yang kurang sinkron antara pengusaha dengan warga disana. Oleh karenanya dunia usaha ini harus terserap juga oleh warga lainnya. Harusnya itu yang terjadi, pengusaha mampu mengajak warga kurang mampu untuk maju,\" ungkapnya.

Menurutnya, disatu sisi pengkajian desa Rawa juga cukup banyak keluarga miskinnya. Artinya meski ada produksi di sana, ada usaha di desa tersebut rupanya tidak berbanding lurus dengan pemarataan ekonomi di wilayah tersebut.

\"Desa Rawa masuk dalam lomba desa itu satu hal yang positif. Tapi, ada sisi negatifnya dan hal ini merupakan pekerjaan rumah yang harus segera diubah dan kalau bisa diturunkan tingkat kemiskinannnya,\" tegasnya.

Orang nomor satu di Majalengka ini berharap, agar masyarakat betul-betul memahami tentang pentingnya usaha. Mengingat kota angin ke depan akan benar-benar menghadapi era baru bandara bertaraf internasional.

\"Jenis usaha apapun yang kini sudah maju agar terus dikembangkan. Karena ilmu yang bermanfaat adalah yang diamalkan. Apalagi jika orang yang diberi ilmu usahanya bisa sukses, maka akan terjalin kerjasama yang simbiosis mutualisme,\" imbuhnya. (hrd)

Sumber: