Tangis Haru Iringi Wisuda Tahfidz MTsN 3

Tangis Haru Iringi  Wisuda Tahfidz MTsN 3

KUNINGAN - Prosesi Wisuda Tahfidz Al Qur’an di MTsN 3 Kuningan, Jumat (28/4) berlangsung penuh khidmat. Acara yang digelar secara rutin tiap tahun ini diselenggarakan di kampus yang berlokasi di jalan Mayasih No 880 Kelurahan Cigugur dengan mengambil tema “Melahirkan Generasi Qur’ani, Membangun Negeri”.
\"wisuda
Wisuda tahfidz MTsN 3 Kuningan. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon
Selama 1,5 jam ratusan siswa melantunkan ayat-ayat Al Qur’an mulai dari Juz 29 sampai 30 bergemuruh tak henti dilafalkan di depan ratusan hadirin yang juga di dalmnya terdapat orang tua masing-masing. 

Setelah selesai mereka diuji untuk meneruskan ayat yang diucapkan oleh penanya, atau menanyakan surat dan ayat berapa oleh para hadirin.

Setelah mereka selesai diuji, tepuk tangan tak henti-hentinya bergemuruh memenuhi ruangan. Pada bagian wisuda serta sungkeman kepada orang tua, tak terasa isak tangis haru dan bangga mengiringi prosesi tersebut. 

Menyaksikan para orang tua dan anak berangkulan berderai air mata, tak terasa para hadirin lainnya baik siswa, maupun para guru dan tamu undangan pun ikut larut dalam suasana turut menitikan air mata. Acara pun terlihat khidmat dan penuh keharuan.

Drs H Dadang Haerudin MA selaku Kepala MTsN 3 Kuningan dalam sambutannya menuturkan, kegiatan rutin tersebut merupakan salah satu program unggulan di kampus yang dipimpinnya itu. Kegiatan itu juga digelar dalam upaya menyiapkan kader-kader yang mencintai serta membumikan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, ketua panitia Wisuda Tahfidz, Samsudin SAg menjelaskan, program wisuda Tahfidz Al-Qur’an tersebut merupakan rangkaian ujian akhir siswa kelas IX yang ingin mendapatkan sertifikat tahfidz, sehingga hafalan yang sudah mereka kuasai adalah hafalan yang itqon dan teruji.

“Kedepan, program ini akan lebih ditingkatkan lagi baik secara kualitas maupun kuantitasnya,” jelas Samsudin diiyakan salah seorang pengajar, Engkos Kosim Abdullah MPd. (muh)

Sumber: