BPP Anjurkan Lahan Pertanian Diasuransikan

BPP Anjurkan Lahan Pertanian Diasuransikan

MAJALENGKA - Pemcam Ligung bekerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) melakukan penyuluhan kepada para kelompok tani. Kegiatan tersebut digelar  di halaman BPP Ligung, Kamis (27/4).
\"asuransi
Penyuluhan pertanian. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Kasi Pertanian Kecamatan Ligung, Castim mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya dari pemerintah pasca kegagalan panen musim rendeng di sebagian wilayah majalengka utara, yang membuat para petani menanggung kerugian yang tidak sedikit.

Pihaknya berharap, kedepan petani harus bisa mengolah lahan pertanian dengan baik. Sehingga tidak lagi terdengar para petani merugi atau gagal panen. Dengan tujuan kedepan para petani tidak lagi mengalami nasib serupa.

“Gagal panen yang terjadi di sebagian lahan pertanian yang ada di kecamatan Ligung harus menjadi pengalaman. Artinya, kedepan petani jangan lagi melakukan pola tanam ngapat. Yang bagus bagi lahan pertanian dengan cara pola padi-padi-palawija. Sehingga tanah pertanian akan tetap subur dan tidak asam,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BPP Ligung H Edy Rediawanto SP, dalam pengarahannya diharapkan para poktan harus mengikuti anjuran pemerintah, baik penggunan bibit, pupuk ataupun obat obatan. Bahkan, kalau bisa semua lahan pertanian diansuransikan. 

“Sebaiknya lahan pertanian itu diansuransikan. Sehingga manakala mengalami kegagalan panen, maka pihak asuransi akan memberikan ganti sesuai premi yang di bayar,” ujarnya.(hsn)

Sumber: