PKS dan Gerindra Makin Mantap Rebut Kursi Walikota

PKS dan Gerindra Makin Mantap Rebut Kursi Walikota

KEJAKSAN – Wacana poros koalisi Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Cirebon 2018 makin menguat. Koalisi yang dibangun kedua partai itu dinilai semakin seksi, setelah sukses menghantarkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta secara dramatis.
\"pks
Sutan Aji Nugraha. dok. Rakyat Cirebon
Duet Anies-Sandi berhasil mengandaskan keperkasaan rivalnya, pasangan petahana Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok dan Djarot Saeful Hidayat, melalui pilkada putaran kedua. Seperti diketahui, duet Anies-Sandi diusung oleh koalisi beberapa parpol, dua diantaranya Partai Gerindra dan PKS.
Pemerhati politik Cirebon, Sutan Aji Nugraha menilai, kemenangan Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta semakin menguatkan eksistensi Partai Gerindra dan PKS sebagai dua partai yang memiliki jalinan erat. Setelah bersama di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, PKS dan Partai Gerindra kembali berkoalisi di Pilgub DKI.

“Dua partai ini sejak Pilpres 2014 sudah menunjukkan sebagai partai yang komitmen dalam berkoalisi. Pembuktian terbaru kemarin di Pilkada DKI Jakarta. Walau di putaran pertama Anies-Sandi kalah dari Ahok-Djarot, tapi di putaran kedua, bisa membalikkan keadaan,” ungkap Aji.

Menurut Aji, elit kedua partai memiliki kedekatan emosional yang baik. Maka tak heran, di beberapa daerah pada pilkada serentak tahun 2015 maupun 2017, kedua partai berkoalisi untuk mengusung pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. “Makanya wajar kalau dari DPP kedua partai mengarahkan untuk di pilkada agar berkoalisi,” katanya.

Di Pilwalkot Cirebon tahun 2018 mendatang, Aji meyakini, kedua parpol tersebut akan kembali membangun koalisi. Pascakemenangan di Pilkada DKI, poros koalisi yang dibangun Partai Gerindra dan PKS diyakini akan semakin seksi.

“Koalisi Partai Gerindra dan PKS di Pilwalkot Cirebon akan semakin seksi. Karena dianggap poros koalisi yang menjanjikan kemenangan,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana mengakui, kerja-kerja tim dari mesin partai pengusung Anies-Sandi di Pilkada DKI sangat efektif untuk menjalankan strategi pemenangan. “Kebetulan saya sendiri ikut berada di Jakarta kemarin (Rabu, red). Kita kerja keras dan kerja cerdas bersama. Alhamdulillah menang,” kata Ruri.

Mengenai kemungkinan koalisi Partai Gerindra dan PKS, Ruri juga mengakui, DPP Partai Gerindra sudah memberi arahan kepada daerah yang akan melaksanakan pilkada untuk membangun koalisi dengan PKS.

“Memang arahan dari DPP agar berkoalisi dengan PKS. Karena kita sudah dekat dan nyaman. Kalau di Kota Cirebon akan melaksanakan arahan atau saran itu, kita siap melaksanakannya,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD PKS Kota Cirebon, H Karso tak memungkiri, PKS merasa lebih tepat dan nyaman berkoalisi dengan Partai Gerindra. Hal itu sejalan dengan arahan dari DPP PKS mengenai koalisi, diutamakan dengan Partai Gerindra.

“Memang semua peluang ada. Terkait deklarasi koalisi, itu sedang kita bicarakan. Yang pasti kita sangat ingin berkoalisi dengan Partai Gerindra. Karena kita nyaman berkoalisi dengan Partai Gerindra. Walau kita masih perlu ‎partai lagi untuk berkoalisi,” katanya. (jri)

Sumber: