Maaf, Server e-KTP Ngadat Lagi

Maaf, Server e-KTP Ngadat Lagi

KESAMBI - Meskipun blangko E-KTP sudah tersedia namun Kamis (20/04) pencetakan belum juga bisa dimulai. Permasalahan demi permasalahan sepertinya terus menghadang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon untuk melayani masyarakat dalam hal KTP.
\"server
Cek e-KTP ya. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Setelah hambatan sebelumnya, yakni aplikasi BCard yang tidak bisa digunakan karena harus di upgrade dengan lisensi Delica, kemarin setelah aplikasi di upgrade, permasalahan baru pun terjadi, server ke pusat yang menjadi jembatan pengiriman data PRR yang siap cetak kembali terganggu.

\"Aplikasi memang sudah selesai di upgrade mas, tapi kita baru dapat informasi dari bidang PIAK kalau servernya gangguan lagi, jadi kita disini belum bisa mulai mencetak,\" demikian diungkapkan Meidi AS, operator pencetakan E-Ktp pada Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cirebon saat ditemui wartawan koran ini di ruangannya, kemarin.

Jika masalahnya sudah mengenai gangguan server, lanjut dia, pihaknya pun tidak bisa memprediksi kapan pencetakan E-KTP yang sudah dinanti-nanti masyarakat bisa dilakukan. \"Ya kalau masalahnya server itu kan jaringan ke pusat, kita juga tidak bisa mencetak, tidak juga bisa apa-apa nunggu aja mas,\" lanjut dia.

Saat ini, sebanyak 5.182 data PRR siap cetak sudah menunggu untuk diproses, namun belum juga dimulai, selesai satu masalah muncul masalah baru.

Jika dalam keadaan normal, dari segi server dan faktor teknis lainnya, masih dikatakan Meidi ia bisa mencetak 100 keping E-KTP dalam satu hari di satu mesin, sedangkan komputernya terintegrasi kepada dua mesin pencetak. Artinya, 200 keping bisa tercetak dalam waktu sehari.

\"Sistem yang dulu itu cetak dulu baru memasukan data ke chip. Untuk satu keping bisa 3-4 menit, sanggup lah 100 keping per hari,\" paparnya.

Sementara itu, operator sistem pada bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Cirebon, Dendi Nursahid membenarkan adanya gangguan server setelah aplikasi pencetak E-KTP berhasil dilisensinya.

\"Proses lisensi sudah selesai mas, tidak lama, saya upgrade dari pagi sampai sore sudah beres, cuma saat ini servernya ngadat lagi dan setelah saya tanya di daerah lain juga begitu,\" katanya. (sep)

Sumber: