Tengah Malam Cek Dapur, Kaget Api Sudah Membesar

Tengah Malam Cek Dapur, Kaget Api Sudah Membesar

MAJALENGKA - Rumah milik Martisah (78) warga lingkungan Sungkawiluya RT 2/1 Kelurahan Simpereum Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka, hangus terbakar. Kebakaran yang terjadi pukul 23.15 WIB itu diduga berasal dari percikan api di dapur, Kamis (19/4).
\"kebakaran
Kebakaran rumah di Majalengka. Foto: Ist./Rakyat Cirebon
Kapolres Majalengka, AKBP Mada Roostanto SE MH melalui Kapolsek Cigasong, AKP Kustandi membenarkan, ada rumah yang terbakar akibat adanya percikan api yang kemudian membesar. Dari penuturan pemilik rumah, waktu itu ia telah selesai memasak air, sekitar pukul 17.00 WIB.

\"Tampaknya masih ada bara api yang belum betul padam. Sehingga menimbulkan percikan api yang memicu kebakaran rumah,\" ujar Kustandi, Kamis (20/4).

Ia mengatakan, beruntung waktu itu, ada saudarnya yakni Enah, sekitar pukul 23.15 WIB. Saat Enah di dapur langsung berteriak karena melihat api yang cepat merambat hingga ke atap rumah. 

Kemudian, kata dia, Udin Jaenudin, adiknya Enah, yang pada saat itu sedang tertidur di ruangan TV langsung terbangun dan menuju ke belakang untuk melihat kakaknya itu.

\"Api terus menjalar ke kayu kayu yang ada di sekitar tungku, hingga melalap seisi dapur. Udin langsung meminta pertolongan kepada warga sekitar,\" ungkapnya.

Kustandi menjelaskan, beberapa waktu kemudian api tersebut berhasil dipadamkan. Akibat peristiwa itu, seisi peralatan rumah tangga yang berada di dapur hangus terbakar.

\"Kebakaran terjadi karena kelalaian korban memadamkan api di tungku. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian material kami memperkirakan mencapai sekitar Rp10 jutaan,\" imbuhnya. (hrd)

Sumber: