Politisi PKB Minta Program UMKM Ditingkatkan

Politisi PKB Minta Program UMKM Ditingkatkan

CIREBON -Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Pandi SE minta Dinas Koperasi dan UMKM kedepan lebih banyak lagi kegiatan kewirausahaan dan life skill.
\"dinas
Santunan anak yatim di acara koperasi syariah. Foto: Ari/Rakyat Cirebon

Dikatakan politisi PKB itu, sejauh ini memang program yang diselenggaran Dinkop sudah baik, hanya saja perlu ditingkatkan lagi. Bila perlu bukan saja memberikan pelatihan, namun juga memberikan perlengkapan kerjanya.

\"Saya mengapresiasi program yang sudah berjalan. Tapi lebih bagus lagi jika ada juga alat kerja bagi UMKM,\" tutur Pandi.

Masih disampaikan, hal tersebut sudah ia sampaikan pada dinas terkait beberapa waktu lalu. Saat Dinkop menggelar rapat kordinasi dengan stakeholders, kebetulan pada saat itu ia juga diundang.

\"Rakor yang digelar Dinkop memang bagus yakni membahas perencanaan program kerja Dinkop untuk tahun mendatang. Dan beberapa stakeholder pun menyampaikan gagasannya,\" tuturnya.

Lebih lanjut Pandi menyanpaikan, diberikannya alat kerja itu bagian yang penting juga. Artinya selain penggiat ekonomi dibekali pengetahuan, juga bisa mengaplikasikannya .

“Ketika kita punya pengetahuan dan tidak ada wadah untuk mengaplikasikannya kan susah. Makanya penting juga ada bantuan alat kerja itu,\" sambungnya.

Anggota dewan daerah pilihan I itu mengibaratkan, bantuan peralatan itu seperti kail. Artinya, orang tidak cukup hanya diberikan pengetahuan bagaimana mengoperasikan kail, sementara tidak ada alat untuk prakteknya.

“Akan lebih produktif lagi jika ada kailnya ibaratnya seperti itu. Untuk UKM alat produksi misalnya. Sedangkan untuk koperasi misalnya seperangkat komputerisasi sistem manajemen,” kata dia. (ari)

Sumber: