Pasokan Melimpah, Harga Sayuran Turun

Pasokan Melimpah, Harga Sayuran Turun

PEKALIPAN -  Harga berbagai jenis sayuran di pasar Induk Jagasatru kembali mengalami penurunan. Harga tersebut sudah terjadi selama dua sepekan. 
\"stok
Stok sayuran di pasar Jagasatru. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Salah satu pedagang sayuran, Ibay mengatakan, penurunan harga sayuran sudah terjadi sejak  akhir Maret. Hingga sekarang sayuran terus mengalami penurunan harga.

“Sekarang banyak yang turun harganya. Kol dari Rp6 ribuan sekarang menjadi Rp4 ribuan.   Sawi, tomat dan yang lainnya juga  turun,” ungkap Ibay kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Menurutnya, sebagian besar penurunan harga sayuran  berkisar mulai dari  Rp2 ribu sampai Rp4 ribu. Penurunan harga  terjadi hampir di semua kios.

Ia mnegungkapkan, penurunan harga terjadi akibat melimpahnya pasokan sayuran dari  daerah penyuplai. Suplai sayuran yang berasal dari Kuningan itu sudah  melampaui kebutuhan. Sehingga,  sayuran yang tidak terjual terpaksa dioper ke pasar-pasar lainnya.

“Kalau pasokan saat ini masih banyak. Karena dari Kuningan juga masih banyak. Kalau  di sini harganya rendah, kita bisa  angkut lagi ke pasar-pasar lain,” jelasnya.

Meski turun harga, Ibay menjelaskan, pedagang tidak mengalami kerugian. Pasalnya, pedagang sayuran di Jagasatru , rata-rata sudah memiliki pelanggan tetap. Sehingga para pedagang tidak mengurangi pasokan sayuran.

Ibay memprediksi, meski saat ini turun, harga sayur dan sejumlah bahan pokok lainnya  bakalan kembali mengalami kenaikan sesaat jelang Ramadan.  Saat ini, sejumlah pedagang sayur lebih memilih menjual sayur  untuk dijual lagi ke pasar-pasar lain.

“Kemungkinan naik lagi  pasti ada. Karena harga itu tiap harinya juga berubah. Kalau bulan Ramadan pasti naik. Setiap tahun juga kalau  Ramadan selalu ada kenaikan harga termasuk sayuran,”  pungkasnya. (wan)

Sumber: