GP Ansor Deklarasi Anti Khilafah

GP Ansor Deklarasi Anti Khilafah

MAJA- Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Majalengka melakukan rekrutmen anggota baru dalam Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Angkatan I di Pondok Pesantren Daarul Ma\'arif Cikedung Kecamatan Maja, Sabtu-Minggu (8-9/4).
\"pemuda
Pemuda Ansor tandatangani anti Khilafah. Foto: Pai/Rakyat Cirebon
Pelatihan tersebut dalam rangka meminimalisir gerakan radikalisme dan terorisme khususnya dikalangan anak muda Majalengka.

Ketua Panitia, Aan Subarhan mengungkapkan, PKD ini diikuti 150 orang calon anggota baru Ansor yang tersebar perwakilan dari setiap kecamatan. \"Peserta PKD ini merupakan delegasi dari masing-masing kecamatan\" ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Kaderisasi ini.

Menurutnya, PKD ini akan berlangsung selama dua hari dengan sembilan materi Dasar tentang kepemimpinan, keorganisasian dan ke-NU-an 

\"Selama dua hari para peserta dibekali materi-materi dasar tentang kepemimpinan, keorganisasian dan ke-NU-an oleh nara sumber yang ahli dibidangnya\", tambah pria yang juga menjadi tuan rumah acara.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Majalengka Ahmad Cece Ashfiyadi dalam sambutannya menyampaikan, perlunya rekrutmen anggota baru sebagai amanat organisasi. Sekaligus mencetak kader-muda NU yang kaffah tunduk pada aturan organisasi dan mampu meredam gerakan radikalisme. Serta terorisme dengan nilai-nilai toleransi dan keramah tamahan. 

\"Perlu kiranya kader muda NU memahami nilai-nilai luhur keNUan yang tawazun (seimbang, red), tasamuh (toleran, red), tawasuth (moderat, red), ta\'adlu (adil, red) dan nahi munkar\", kata pria alumni PMII Situbondo ini.

Berkenaan dengan berkembang pesatnya gerakan radikalisme dan terorisme yang merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Cece mengatakan, Ansor paling depan siap memberantas gerakan tersebut. 

\"Kami sangat siap berada digarda depan melawan gerakan-gerakan yang membahayakan keutuhan NKRI. Bahkan, diakhir acara pembukaan ini, Ansor mengajak semua peserta, undangan dan elemen santri menandatangani deklarasi kesetiaan terhadap NKRI dan anti Khilafah,\" tegasnya.

Usai acara pembukaan, pihaknya juga mengajak semua yang hadir dan elemen santri ikut menandatangani deklarasi kesetiaan terhadap NKRI dan anti Khilafah. “Jangan sampai NKRI terkoyak gara-gara golongan yang ingin menegakkan khilafah dibumi pertiwi ini,\"ujarnya.

Senada dengan Cece, Dewan Pembina PC GP Ansor H Nasir, SAg  mengajak, kaum muda NU khususnya Ansor untuk berorganisasi secara kaffah. Tidak terbawa arus gerakkan yang tidak bertanggungjawab terlebih mengatasnamakan Islam. 

\"Kaum muda NU harus berani tampil dan menebar Islam ala NU. Yakni Islam yang Rahmatan Lil \'Alamin dalam kehidupan sehari-harinya,\" imbuhnya. (pai)

Sumber: