Sate Lele, Tidak Sembarang Gunakan Bumbu

Sate Lele, Tidak Sembarang Gunakan Bumbu

CIREBON  –  Kuliner olahan lele memang sudah tidak asing bagi masyarakat Cirebon. banyaknya pembudidaya lele membuat  pelaku olahan lelenya pun menjamur. Untuk itu dibutuhkan trobosan untuk mengolah lele menjadi penganan unik dan lezat.
\"sate
Sate lele. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Sebuah warung pinggir jalan di kawasan Jalan Urip Sumoharjo Cirebon, tawarkan olahan lele.  Tak hanya pecel lele yang sudah lazim ditemui di berbagai tempat, warung tersebut juga menyediakan menu lele yang tak banyak ditemui.

Mulai dari pecel lele, siomay  lele, lele goreng sampai dengan sate lele juga disediakan untuk memanjakan pecinta olahan lele. Pengelola warung, Sukirno menjelaskan, ide pembuatan warung dengan menu aneka olahan lele berawal dari minimnya  pelaku kuliner yang menjadikan lele sebagai menu andalan.

“Terinspirasi maskaan Jogja, karena setahu saya masakan lele itu dari Jogja, karena di Cirebon belum ada jadi kita coba,” ungkap pria yang akrab disapa Nino itu kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Yang menjadi andalan, kata Nino ialah sate lele. Umumnya sate terbuat dari daging ayam atau kambing, karena sate lele terbuat dari daging lele, maka cita rasa lelenya pun masih terasa. Soal rasa, sate lele tidak kalah lezat dengan sate pada umumnya.

“Sate lele hampir sama dengan sate biasanya, hanya ada tambahan rempah aja pada bumbunya. Resep kita jaga,” jelasnya.

Mulanyaa daging lele yang sudah dipisahkan dari durinya kemudian dipotong-potong dan ditusuk menggunakan tusuk sate. Sate tusuk berisi sekitar 4 sampai 5 potong daging lele. Kemudian sate lele siap dibakar.

Bumbu  yang digunakan pun bukan bumbu biasa. Ada bumbu rempah pilihan yang  menjadi daya tarik sate lele.  Sate kodi sate lele dihargai Rp16 ribu saja. Dalam sehari, Nino mampu menjual 200 tusuk sate lele. Buka dari pagi sampai jam 12 malam.

”Selain di sini juga ada di daerah Susukan. Harga sementara per kodi Rp16 ribu, siomay Rp5 ribu, lele goreng Rp10 ribu,” pungkasnya. (wan)

Sumber: