Bisnis Online Terdongkrak BIJB

Bisnis Online Terdongkrak BIJB

MAJALENGKA - Bandara bertaraf internasional Jawa Barat (BIJB) di wilayah Kertajati yang rencananya siap dioperasikan pada Juni 2018 diprediksi berpengaruh besar terhadap usaha lokal. Saat ini saja pelaku UMKM mulai ramai mempersiapkan pemasaranya baik ssecara tradisional maupun online. Diprediksi jumlahnya akan terus bertambah seiring proyek BIJB dikebut.
\"proyek
Proyek BIJB Kertajati. dok. Rakyat Cirebon
Beberapa jenis usaha tampaknya kini sebagiannya sudah melalui sistem online. Diantaranya jenis usaha makanan ringan, keterampilan tangan dan usaha-usaha yang berbau dengan bisnis jasa. Hal ini diungkapkan pendamping UKM, Firman Hardiansyah. 

Ia mengatakan sebagian usaha mikro kecil dan menengah/UMKM di wilayah Majalengka telah melakukan sistem penjualan online untuk pemasarannya. Pihaknya melihat bahwa para pelaku UMKM kini telah semakin kreatif yakni dengan memanfaatkan teknologi informasi.

\"Sebagian UMKM di Majalengka memang memanfaatkan online melalui media sosial lainnya. Memang agak terkendala pada awalnya, tetapi hal itu bisa diatasi,\" ujar Firman, Selasa (21/3).

Menurutnya, kecenderungan untuk pemasaran lewat online adalah karena semakin susahnya pelaku UMKM memasukan barang atau produknya masuk ke pasar tradisional. Oleh karenanya pelaku UMKM kini mulai memanfaatkan teknologi online.

\"Awalnya mereka kesulitan untuk memasukan barang ke pasar tradisional. Sementara produk UMKM yang mereka produksi mau tidak mau harus dipasarkan supaya balik modal,\" ujarnya. Menanggapi hal tersebut, salah satu UMKM dengan produk makanan ringan dari bahan belalang, Aken mengatakan, pihaknya memang sengaja memanfaatkan sistem online. 

Saat ini bahkan pemasarannya sudah go internasional dan sudah beredar di beberapa negara lain. Online membuat produknya dikenal bukan hanya di Majalengka. \"Teknologi harus dimanfaatkan. Bahkan, untuk wilayah lokal saja pesannya melalui online. Artinya ini harus disambut baik,\" imbuhnya. (hrd)

Sumber: