Bacabup dari PD Sepi Peminat, Ketua DPC Tetap Pede

Bacabup dari PD Sepi Peminat, Ketua DPC Tetap Pede

CIREBON - Partai Demokrat (PD) Kabupaten Cirebon masih sepi peminat dari pendaftar yang ingin mencalonkan diri menjadi bakal calon bupati dari partai berlambang mercy tersebut. Meski secara lisan sudah diumumkan terkait pendaftaran bakal calon bupati (bacabup), namun hingga kini  dari internal partai baru Ketua DPC Demokrat Nana Karnadi yang mendaftarkan diri untuk bakal calon bupati.

\"partai
Partai Demokrat. image by id.wikipedia.org
Secara resmi, pendaftaran bakal calon bupati baru akan dibuka pada pertengahan April mendatang. Menurut Nana, dirinya sudah mengumumkan sejak jauh-jauh hari dalam setiap rapat partai terkait pembukaan pendaftaran tersebut, meski baru April secara resmi pendaftaran tersebut dibuka.

“Tapi nyatanya belum ada yang daftar satupun selain saya, mungkin masih menunggu April nanti setelah resmi dibuka. Untuk pembukaan pendaftaran, kami saat ini tengah mempersiapkannya,” kata Nana kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cirebon, Kamis (23/3).

Menurutnya, jika sampai waktu yang ditentukan ternyata tidak ada kader dari internal partai yang mendaftarkan diri, maka Partai Demokrat akan membuka pendaftaran bagi calon dari eksternal partai. “Kita dahulukan internal dulu, baru eksternal,” katanya.

Nana menambahkan, DPP Partai Demokrat memberikan instruksi terhadap seluruh DPC agar jangan hanya menjadi penonton saja saat pilkada serentak berlangsung, melainkan harus turut andil. “Instruksinya sudah jelas. Makanya kita ingin turut ambil bagian dengan membuka pendaftaran bakal calon bupati,” ujarnya.

Soal survei di internal partai, menurut Nana, DPP belum melakukannya, sebab baru akan dimulai pada Mei mendatang. “Yang melaksanakan survei yaitu DPP, mengenai hasilnya mungkin membutuhkan waktu beberapa lama, namun survei ini akan sangat bermanfaat untuk mengetahui terkait bakal calon bupati yang memiliki elketabilitas dan popularitas tinggi,” ucapnya.

DPC Partai Demokrat pun sudah melakukan komunikasi dengan partai lain meski belum secara hitam di atas putih. “Sambutan positif sudah banyak kami terima dari partai lain, tapi masih seputar obrolan saja, belum mengerucut ke arah pilkada serentak,” ucap Nana.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon Syaefudin Jazuli mengungkapkan, pihaknya akan mengundang satu persatu bakal calon bupati yang memang sudah ramai dibicarakan di media massa. Hal ini dilakukan untuk berdialog mengenai informasi seputar pemilu.

“Merekalah yang berhadapan langsung dengan masyarakat untuk menjaring suara, maka kita koordinasi bagaimana caranya untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” ucap Syaefudin. (yog)

Sumber: