Mei, PDIP Jaring Bakal Calon Bupati Cirebon

Mei, PDIP Jaring Bakal Calon Bupati Cirebon

SUMBER - Hadapi pesta demokrasi lima tahunan Pilkada, Pileg dan Pilpres. DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon terus panasi mesin partai. Ketua DPC PDI Perjuangan, H Mustofa SH menyampaikan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan badan saksi pemilu nasional (BSPN) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon.
\"rapat
Rapat DPC PDIP Kabupaten Cirebon. Foto: Ari/Rakyat Cirebon
\"Kita tidak main-main dalam menyiapkan saksi, karena memiliki peran penting,\" tutur Mustofa, Selasa (21/3). Dikatakanya, selain bertugas saat pesta demokrasi, saksi juga berperan melakukan konsolidasi partai. Oleh karena itu, saksi diberikan bekal agar bisa melaksanakan tugas tersebut.

\"Saksi dari PDI Perjuangan harus bisa melakukan konsolidasi partai. Sehingga, tugas seorang saksi tak hanya duduk diam dan menyaksikan pelaksanaan pemilihan,\" paparnya. Lebih lanjut politisi yang akrab disapa Jimus itu mengungkapkan, sebagai alat untuk melakukan konsolidasi ditingkat bawah, DPC akan menggelar pelatihan.

\"Kita harapkan bisa seperti itu. Karena, saksi ini merupakan alat dalam melakukan kondolidasi paling bawah, yakni dilapisan masyarakat. Nanti kita juga akan menggelar pelatihan saksi, DPC akan memberikan tugas ke BSPN,\" jelasnya.

Penetapan agenda pelatihan saksi tersebut, sambungnya, akan diserahkan sepenuhnya ke PAC. Rencananya, pekan depan pelatihan para saksi akan mulai digelar. \"Kalau sekarang sudah siap, nanti pas pelaksanaan pilkada kita tidak sibuk menyiapkan saksi,\" tegasnya.

Persiapan instrumen partai dan mesin partai itu sesuai dengan intruksi dari DPD PDI Perjuangan. \"Kita harus menyiapkan dari sekarang, kita juga akan membuka penjaringan bakal calon kandidat,\" ungkap Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jabar, Abdy Yuhana.

Rencananya Mei PDI Perjuangan akan membuka penjaringan untuk bakal calon kandidat yang akan tampil pada pesta demokrasi lima tahunan nanti. Proses penjaringannya, lanjutnya, akan dibuka secara terbuka.

\"Akan diumumkan di media masa. Calon minimal dua, kalau satu tentu akan diperpanjang lagi. Setelah penjaringan ditingkat DPC ini selesai, nanti dilanjutkan prosesnya ditingkat DPD. Dan, hasil dari proses penjaringan di DPD itu akan terbatas, kita juga akan lihat berdasarkan hasil survei,\" ungkapnya. (ari)

Sumber: