Luthfi: Partisipasi Pemilih 75 Persen Tidak Sulit

Luthfi: Partisipasi Pemilih 75 Persen Tidak Sulit

SUMBER - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah perlu upaya dari semua pihak. Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon, H Muhamad Luthfi ST saat ditemui usai berdiskusi dengan komisioner KPU menyampaikan, salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi yakni dengan menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada parpol serta calon kandidat.
\"ketua
M Luthfi bertemu KPU Kabupaten Cirebon. Foto: Ari/Rakyat Cirebon
“Itu bukan saja tugas KPU tapi kami sebagai politisi, yakni bagaimana menumbuhkan kepercayaan pada partai. Yakinkan masyarakat bahwa jika ingin Cirebon berubah, ingin sejahtera, ingin maju, ya datang ke TPS. Lalu pilih calon yang diyakini mempu membawa perubahan,” tutur Luthfi pada Rakcer, Jum’at (10/3).

Dikatakan, kaitan dengan hal itu, pihaknya siap untuk membangun program bersama dengan KPU, bahkan bila perlu hal tersebut juga dilakukan oleh tiap partai politik, sehingga target partisipasi 75 persen di Pilkada 2018 bisa terwujud.

“Memang melihat Pilkada 2013 putaran kedua partisipasi masyarakat hanya 45 persen, jelas itu kecil sekali. Saya meyakini untuk mencapai target 75 persen itu tidak sulit, jika semua pihak ikut berjuang,” sambungnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Luthfi menyampaikan, masyarakat sudah semakin dewasa dan cerdas, artinya mereka tidak bisa dibodohi dengan pencitraan-pencitraan saja. “Pencitraan itu sudah tidak laku, yang masyarakat lihat itu kerja konkret kok,” terang Luthfi.

Saat disinggung PKB sendiri sudah melakukan apa, Luthfi menegaskan bahwa secara perlahan ia tengah membangun kepercayaan masyarakat pada PKB. Melalui berbagai program yang langsung bersentuhan dan mengena pada masyarakat.

“Kami selalu berupaya melakukan kerja-kerja yang nyata dan konkrit untuk Kabupaten Cirebon yang lebih baik. Seperti, dengan turun ke masyarakat dan mengadvokasi permasalahan masyarakat,” papar Luthfi.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Cirebon Divisi Sosialisasi, Husnul Khotimah meminta kerja samanya kepada semua partai politik dalam rangkan menyosialisasikan kegiatan pihaknya, terutama dalam mendongkrak partisipasi pemilih di pilkaada 2018 mendatang bisa meningkat. 

“Kita juga sudah road show ke partai politik. Termasuk ke PKB, kita juga sudah melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah-sekolah di Kabupaten Cirebon,” kata Husnul.

Ia melanjutkan, bentuk kerja sama yang bisa dilakukan dalam mendongkrak partisipasi pemilih agar bisa meningkat, salah satunya yakni dengan cara menyisipkan sosialisasi tersebut pada kegiatan-kegiatan partai politik di wilayahnya. Seperti dalam kegiatan reses dewan bisa melibatkan pihak KPU untuk menyaampaikan di hadapan masyarakat.

Anggota Komisioner KPU Kabupaten Cirebon lain, Sopidi menyampaikan, sejauh ini dalaam upaya meingkatkan partisipasi pemilih di daerahnya, KPU akan membangun sinergitas dengan semua elemen, termasuk partai-partai politik. “Dan kami juga bisa melakukan sosialisasi kepada pemilih dalam setiap kegiatan partai. Bisa saja berupa sosialisasi atau pendidikan bagi pemilih,” kata Sopidi. (ari)

Sumber: