Anggaran Pembangunan Pasar Jatibarang Tidak Cair

Anggaran Pembangunan Pasar Jatibarang Tidak Cair

INDRAMAYU – Masih memprihatinkanya kondisi pasar daerah yang ada di Indramayu, seperti becek, sanitasi buruk, dan lainya, menjadi sorotan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Indramayu. Pantauan Rakcer, jalan becek di Pasar Indramayu kerap dikeluhkan warga, sanitasi di Pasar ikan tidak berfungsi dengan baik, bangunan pasar Patrol juga sudah mulai rapuh termakan usia.
\"pasar
Pasar ikan Indramayu tidak terawat. Foto: Apriyanto/Rakyat Cirebon
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Omarsyah menuturkan, pihaknya tidak menampik bahwa kondisi pasar daerah yang ada di Indramayu masih belum optimal, baik dari segi sarana maupun lainya, oleh karena itu harus adanya renovasi, sehingga masyarakat bisa betah belanja di pasar. “Kedepan harus bagus pasar daerah,” ucapnya.

Lanjut Omarsyah, untuk bangunan pasar Jatibarang baru yang kini masih dalam tahap pembangunan sedikit mengalami kendala. Pasalnya anggaran untuk di tahun 2018 tidak keluar, sehingga akan menghambat proses pelaksanaanya. “Kenapanya kurang tau, itu anggaran dari Provinsi Jawa Barat (Jabar),” tuturnya.

Dia juga menuturkan, dari banyaknya pasar daerah yang ada di Indramayu, tidak ada pasar  higienis, mengingat masih bercampurnya barang, seperti sayuran dengan daging, ataupun lainya. “Padahal harus dibedakan, Komoditi sayuran sendiri, daging, pakaian, dan makanan juga dipisah,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah mengatakan, salah satu pasar daerah yang ada di Jatibarang kini dalam tahap pembangunan, sementara untuk waktu peresmianya ia tidak mengetahui persis, namun dipastikan begitu selesai akan langsung digunakan.

Ditegaskan, untuk bangunan pasar Jatibarang yang lama, rencanaya akan dijadikan sebagai tempat bermain bagi anak-anak, remaja, hingga manula. “Yang dekat dengan stasiun itu, ada tempat khusus bagi setiap usia,” paparnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi pasar kaget seperti mingguan dan reboan ataupun bagi pedagang lemprakan, akan disediakan tempat khusus bagi mereka. (yan/mgg)

Sumber: