Siswandi Sesumbar Bisa Urus Pasar Tradisional

Siswandi Sesumbar Bisa Urus Pasar Tradisional

KEJAKSAN - Setelah menyatakan kesiapannya untuk mencalonkan diri menjadi walikota atau wakil walikota Cirebon pada Pilwalkot 2018‎ mendatang, Brigjen Pol Drs Siswandi mulai mensosialisasikan beberapa program strategisnya. Salahsatunya yaitu penataan pasar tradisional yang ada di Kota Cirebon.
\"jelang
Jelang pilwalkot Siswandi (kiri) gencar sosialisasi. dok. Rakyat Cirebon
‎Siswandi mengaku, dirinya prihatin, beberapa pasar tradisional di Kota Cirebon kondisinya tak laik. Padahal, pasar tradisional sebagai pusat kegiatan ekonomi rakyat, semestinya mendapat perhatian penuh dari Pemkot Cirebon, bukan malah sebaliknya.

\"Kota Cirebon sebagai kota perdagangan dan jasa, harusnya mampu mengoptimalkan keberadaan pasar tradisional sebagai salah satu penggerak ekonomi kerakyatan. Pasar-pasar yang ada sekarang, kalau dioptimalkan, selain memberi manfaat untuk masyarakat, daerah juga diuntungkan melalui PAD (Pendapatan Asli Daerah, red),\" ungkapnya.

Ia menambahkan, program revitalisasi pasar tradisional yang memang harusnya mendapat sentuhan, bisa dilakukan dengan proses saling menguntungkan. Baik bagi pemkot, pedagang, masyarakat, maupun investor kalau melibatkan pihak ketiga.

\"Selain itu, revitalisasi pasar tradisional juga jangan mengubah sistem transaksi perdagangan yang tradisional. Pasarnya bersih dan nyaman seperti pusat perbelanjaan, tapi proses tawar menawar dan ciri khas pasar tradisional lainnya jangan dihilangkan,\" kata dia.

Dengan begitu, kata Siswandi, pasar tradisional akan mampu bersaing di tengah gempuran pasar modern (swalayan, red), bukan malah terpinggirkan. Untuk itu, perlu komitmen dan konsistensi kepala daerah. \"Saya berkeinginan untuk mewujudkan itu,\" kata mantan Kapolres Cirebon Kota itu.

Di sisi lain, Siswandi juga menyatakan, bila dirinya diberi amanah untuk memimpin Kota Cirebon, Pekerjaan Rumah (PR) besar lainnya adalah membantu mewujudkan pengembangan Pelabuhan Cirebon. Menurutnya, bila Pelabuhan Cirebon berkembang dan bergeliat, maka tingkat perekonomian masyarakat juga akan ikut meningkat.

\"Saya kira Pelabuhan Cirebon sangat strategis. Rencana pengembangan harus kita dukung dan saya akan ikut membantu mewujudkan itu bila dipercaya memimpin Kota Cirebon,\" kata pria yang kini bertugas sebagai Analis Kebijakan di Bareskrim Mabes Polri itu.

Sementara itu, Siswandi disebut-sebut akan maju di pilwalkot dari jalur partai politik. Ia diketahui telah membangun komunikasi politik dengan sejumlah partai. Salah satu partai yang santer dikabarkan akan melirik Siswandi adalah Partai Golkar. Siswandi beberapa kali telah terlibat komunikasi politik dengan pengurus DPD Partai Golkar, semisal Sekretaris Bappilu DPD Partai Golkar Kota Cirebon, Saut Pasaribu. (jri)

Sumber: