Nasi Jamblang Kang Dede Pernah Dicicipi Ustad Arifin Ilham

Nasi Jamblang Kang Dede Pernah Dicicipi Ustad Arifin Ilham

HARJAMUKTI -  Nasi  jamblang  sudah  menjadi salah satu ikon Cirebon  yang  tidak bisa dipisahkan dari nama  desa Jamblang.  Dari situlah  nama nasi jamblang kemudian dikenal luas.   Saat ini, tidak sulit untuk menemkan penjual nasi jamblang di Cirebon.
\"owner
Owner Salam Tour Dede Muharam. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Di hampir semua sudut, penjual  nasi jamblang mudah dijumpai. Mulai dari warung sederhana sampai restoran  mewah di Cirebon,  nasi jamblang kerap dijadikan sajian utama kuliner khas nya. Saking terkenalnya, sampai-sampai Dede Muraham, owner Salam  Tour  juga mulai melirik bisnis nasi jamblang.

Berbeda dengan nasi jamblang pada umumnnya,  keunggulan warung Jamblang Kang Dede  ialah  diracik langsung oleh ahli nasi jamblang dari Desa Jamblang.  Dede menuturkan, ketertatikannya di bisnis kuliner  karena saat ini Cirebon punya daya tarik besar di bidang kuliner.

“Khususnya di wilayah Cirebon menjadi daya tarik untuk kuliner dari Jakarta dan Bandung. Kedua, tamu saya juga banyak dari luar kota juga tentu kalau kuliner di antaranya yang khas dan tradisional  diantaranya nasi jamblang dan empal gentong,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Sejak pertama kali dibukan, Jamblang Kang Dede sudah menarik minat beberapa tokoh besar  untuk mencoba. Karena, selain murah, Jamblang Kang Dede juga dikenal enak sehingga. “Jamblang kami sudah banyak yang mencicipi, termasuk Ustad Arifin Ilham serta tokoh lainya. Mereka bilang ini lebih enak,” katanya.

Terletak di kawasan Andalus City, Jamblang Kang Dede digadang menjadi pioner  kuliner  tradisional di kawasan  tersebut. Letaknya yang strategis yakni hanya 3 kilometer dari pintu tol Ciperna, Dede optimis hadirnya Jamblang Kang Dede, melalui Andalus City dapat menjadi motor penggerak ekonomi warga sekitar.

Tak hanya itu, Dede juga berencana akan mengembangkaan kuliner khas Cirebon lainnya seperti empal gentong dan tahu gejrot. Kawasan Andalus City juga  nantinya akan dijadikan pusat  bisnis wisata terpadu.

“Nanti kami sediakan yang lain juga termasuk oleh-oleh khas Cirebon, aksesoris dan lain-lain tentu kita sediakan. Sehingga orang datang kesini untuk ziarah atau tour itu bisa. Tempatnya strategis hanya 3 kilometer dari tol Ciperna. Sehingga orang bisa mampir kesini bisa makan bisa membeli batik kemudian aksesoris dan souvenir dari Cirebon,” tutupnya. (wan)

Sumber: