Fraksi PAN Minta Pimpinan Komisi A Diroling

Fraksi PAN Minta Pimpinan Komisi A Diroling

KEJAKSAN – Roling pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) jilid II belum sempurna. Sampai saat ini, persis tinggal menyisakan Komisi A. Sedangkan AKD lainnya sudah terjadi pergantian pada Agustus tahun lalu. Namun, karena saat itu pemilihan ketua Komisi A terus menerus buntu, hingga kini, kelanjutannya masih digantung.
\"fraksi
Dani Mardani. dok. Rakyat Cirebon
Ketua Fraksi PAN DPRD, Dani Mardani SH MH meminta agar pimpinan DPRD dan badan musyawarah (bamus) untuk mengagendakan pemilihan ketua Komisi A pada awal Maret nanti. “Fraksi PAN meminta kepada pimpinan dewan dan bamus agar segera menjadwalkan untuk roling AKD, khususnya untuk Komisi A,” ungkap Dani, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/2).

Roling AKD jilid II juga membuka peluang bagi fraksi-fraksi yang ingin merotasi anggotanya dari AKD. Untuk itu, Dani menilai, menjadi hal yang urgen agar pimpinan dewan memperhatikan persoalan roling AKD jilid II. “Terlebih dalam rangka mengakomodir apabila ada fraksi yang mau roling anggotanya di AKD,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk rotasi anggota fraksi di AKD ditentukan waktu pelaksanaannya dalam Tata Tertib (Tatib) DPRD, yaitu pada awal tahun anggaran. Saat ini, awal tahun anggaran, yang Dani definisikan adalah triwulan pertama, hampir mendekati akhir. “Sekarang sudah hampir lewat awal tahun anggarannya. Jadi, perlu segera,” kata dia.

Di sisi lain, untuk komposisi pimpinan AKD, di tatib diatur pergantian dilakukan paling lambat 1,5 tahun. Sedangkan di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16/2010 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD diatur paling lambat 2,5 tahun.

“Memang sudah seharusnya dilakukan roling. Terlebih, revisi Tatib DPRD juga sudah selesai. Sekarang (kemarin, red) sedang diambil oleh setwan di pemprov. Besok (hari ini, red) kita akan rapat finalisasi,” tuturnya.

Dani mengatakan, Fraksi PAN sendiri sudah mengajukan formasi anggotanya di masing-masing AKD. Ia memastikan, Fraksi PAN tak melakukan perpindahan terhadap anggotanya di AKD. “Fraksi PAN sudah mengajukan komposisi anggota kita di AKD. Tidak ada yang berubah,” kata dia.

Hal senada disampaikan Anggota Fraksi Bangkit Persatuan, Sefurrohman SE. Pihaknya juga telah mengajukan formasi anggota fraksinya di AKD. Politisi PKB itu memastikan, tak ada perubahan. “Saya tetap di Komisi C, Mas Buid (Gunawan) di Komisi B dan Pak Suyogo di Komisi A,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cirebon, Edi Suripno SIP MSi menyampaikan, pihaknya merencanakan roling AKD, khususnya Komisi A, akan dilakukan pada awal Maret nanti. Diakuinya, usulan masing-masing fraksi sudah masuk ke pimpinan dewan. “Rencananya di awal Maret. Memang semua fraksi sudah mengusulkan nama-nama anggotanya untuk ditempatkan di AKD yang mana,” kata Edi. (jri)

Sumber: