Peserta Workshop Kunjungi Penerima Manfaat Program Feed Mobile

Peserta Workshop Kunjungi Penerima Manfaat Program Feed Mobile

INDRAMAYU - Mercy Corps Indonesia (MCI) yang telah merampungkan program Financial Education and Empowerment Goes Digital and Mobile (Feed Mobile) fase I dan II berupaya mengevaluasi hasilnya dalam fase III. Salah satu komponen yang dilibatkan adalah media massa melalui gelaran Journalism Workshop, Sabtu hingga Minggu (25-26/2).
\"mercy
Penerima manfaat feed mobile budidayakan lele. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Kegiatan yang mengusung tema \'Pembangunan Ekonomi Melalui Inklusi Keuangan dan Pengembangan Usaha\' ini diikuti wartawan media cetak, elektronik, dan online. Hal ini sejalan dengan program Feed Mobile yang dilaksanakan di Kabupaten Indramayu sejak tahun 2014.

Kegiatan yang juga menjadi ajang silaturahmi dan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis. Serta sebagai bagian dalam rangka peningkatan kualitas program. Selama dua hari, peserta workshop berkesempatan mengunjungi penerima manfaat program Feed Mobile guna memastikan realisasi maupun manfaatnya. 

\"Tidak hanya saat ini, ke depan visibilitas kami juga perlu dukungan media. Tentunya untuk menyampaikan program, dan perkembangannya termasuk pada penerima manfaatnya,\" jelas Case Studies and Communication Officer Feed Mobile Mercy Corps Indonesia, Intan Permata Selni Putri.

Feed Mobile fase III yang dilaksanakan untuk mengevaluasi secara keseluruhan program, puncaknya akan digelar workshop nasional di Jakarta. Kegiatan itu akan mengundang para pemangku kepentingan. Diantaranya, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), stakeholder pemerintahan. 

Termasuk dari Pemerintah Kabupaten Indramayu, dan menghadirkan penerima manfaatnya. \"Keberhasilan program maupun kendalanya jadi bahan workshop. Kami berupaya membangun strategi inklusi keuangan dan pengembangan usaha. Sehingga penerima manfaatnya lebih luas lagi,\" papar Program Manager Feed Mobile Mercy Corps Indonesia, Nino Rianditya Putra.

Keterlibatan, peranan, dan dukungan media dalam sinergitas yang dibangun tersebut, merupakan faktor penting untuk perbaikan program. Sebagai bukti program fase I yang menyasar petani dengan menekankan pengelolaan keuangan. 

Salah satu penerima manfaatnya adalah Karinih warga Desa Ujung Jaya, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu. Janda satu anak ini, kini mampu mengelola keuangan keluarganya hingga sudah memiliki tambahan aset berupa lahan sawah.

Untuk bukti program fase II yang fokus pada pengembangan usaha, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Karo Tangga Campur (KTC) di Desa Pengauban, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu mampu memberikan tambahan penghasilan bagi anggotanya. 

Bahkan, sejumlah inovasi disiapkan untuk lebih mengembangkan usaha bersama yang diketuai seorang guru honorer, Mujayin.

Salah satu peserta Journalism Workshop, Toiskandar dari MNC Grup mengapresiasi Mercy Corps Indonesia yang telah memberikan wawasan dan pengetahuan baru terkait Feed Mobile. Ditambah lagi ada kegiatan tentang jurnalistik yang menghadirkan pemateri dari media nasional. (tar/adv)

Sumber: