Relawan Balonbup yang akan Maju di Pilkada Kuningan Bermunculan

Relawan Balonbup yang akan Maju di Pilkada Kuningan Bermunculan

KUNINGAN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kuningan akan dilaksanakan tahun 2018 mendatang, komunitas relawan bakal calon bupati (balonbup) yang akan maju di Pilkada sudah mulai terbentuk. Organisasi \"dadakan\" ini bahkan mulai aktif mensosialisasikan salah satu figur yang akan maju di Pilkada. 

\"jelang
Relawan balonbup Kuningan mulai aktif di medsos. dok. Rakyat Cirebon
Sebagian komunitas ini mengaku terbentuk tanpa diminta. Tak hanya aktif lewat kegiatan, komunitas ini juga giat mensosialisasikan jagoannya lewat media sosial (medsos). Sejumlah relawan yang mulai aktif bergerilya diantaranya Balad Kang Rana (Bakar) yang mendorong Rana Suparman, Edo Lovers yang mengusung Muh Ridho Suganda, Relawan Sahabat DIS (Dani Iskandar) berafiliasi ke Dani Iskandar, hingga AFC (Amin Family Center) yang mengusung Yosa Oktora. 

Komunitas tersebut juga menjadi ujung tombak para kandidat dalam melakukan kampanye secara dini. Mempromosikan figur hingga gagasan konsep dan program yang akan dijalankan ketika menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Kuningan menggantikan H Acep Purnama. Tak hanya itu, relawan dan komunitas tersebut bahkan telah menjalar hingga 32 Kecamatan di Kuningan. 

Hal itu pun kemudian menjadi salah satu indikator untuk menetapkan basis pemilih bagi para tim pemenangan dan konsultan politik masing-masing kandidat untuk mendikte pihak lawan dalam meramu strategi politik. 

Terkait hal itu, Soekadi Koordinator Balad Kang Rana (Bakar), mengatakan, sejauh ini progres Balad Kang Rana untuk mendorong Ketua DPRD maju pada Pilkada sangat pesat. Bahkan, Soekadi mengaku, belum genap sebulan bekerja Balarea sudah hampir terbentuk di 32 Kecamatan di Kabupaten Kuningan.

\"Alhamdulillah perkembangan Balarea sangat pesat, bahkan perkembangannya diluar dari dugaan kami sebelumnya. Karena kan ini belum cukup sebulan dikerjakan, namun sudah hampir terbentuk di seluruh Kecamatan, ini sungguh luar biasa,\" kata Soekadi, kemarin.

Menurut Soekadi, pembentukan BAKAR adalah murni lahir dari kerisauan pemuda dan masyarakat di Kuningan yang menginginkan sosok pemimpin yang berani tegas dan berwibawa.  

\"Ini murni muncul dari kawan pemuda, yang menginginkan beliau maju di Pilkada Kuningan, tidak ada komunikasi sama sekali kepada Pak Rana dalam membentuk BAKAR, kami menilai Pak Rana itu adalah sosok pemimpin yang punya kapasitas dan integritas dalam memimpin Kuningan,\" terangnya.

Adapun ketika ditanya mengenai deklarasi, Ian mengatakan belum memikirkan hal tersebut. \"Kalau soal deklarasi, kami belum mau menjadwalkan secara pasti, karena ini akan terus berkelanjutan. Kami ini akan fokus kerja dulu, setelah semuanya aman maka kami baru pikirkan soal deklarasinya,\" ucapnya.

Terpisah, relawan sahabat DIS Bakal Calon Bupati Kuningan Dani Iskandar Maman Jumansyah mengatakan, saat ini dirinya bersama tim terus bergerak dalam menggalang dukungan di seluruh daerah di Kuningan. Bahkan, dia mengaku telah melakukan pertemuan teman sesama relawan di 20 Kecamatan di Kuningan.

“Pada intinya kami terus melakukan gerakan untuk merekrut relawan baru. Tidak ada hari tanpa kami merekrut relawan, karena itu sudah menjadi prinsip kami. Dan saya sendiri sudah keliling 20 Kecamatan untuk melakukan pertemuan dengan masyarakat untuk menjemput aspirasinya,\" kata Maman relawan Sahabat DIS dari Kecamatan Cibeurem.(ale)

Sumber: