Tahun Ini, DPMPTSP Optimis Bisa Kejar Target Investasi

Tahun Ini, DPMPTSP Optimis Bisa Kejar Target Investasi

LEMAHWUNGKUK  –  Capaian target  dana investasi di Kota Cirebon dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Pada 2015 tercatat dana investasi sebesar Rp1,38 triliun berhasil dikumpulkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cirebon.
\"Kepala
Icip Suryadi. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Namun, pada 2016, DPMPTSP hanya memperoleh dana investasi sebesar Rp1,35 triliun atau  turun sebesar Rp30 miliar.

Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kota Cirebon, Icip Suryadi SSos MM menjelaskan, salah satu sebab turunnya dana investasi di Kota Cirebon ialah mulai menurunnya lahan investasi.

Hal itu dikarenakan,  sudah banyak investasi yang berkembang di Kota Cirebon sehingga mempersempit celah investasi yang ada. Icip mengungkit, pencapaian investasi terbesar diperoleh  banyaknya perusahaan baru  di Kota Cirebon.

“Faktornya menurut saya itu karena lahan investasinya kita sudah berkurang demikian juga dengan target lain untuk yang potensial wilayah yang siap untuk investasi,” ungkap Icip kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Meski menurun, kata dia, jika  dibanding dengan  luas geografisnya, Kota Cirebon terbilang kota yang subur akan investasi. Daya tariknya, selain ramai di bisnis jasa dan perdagangan, Cirebon juga sudah menjadi kota  tujuan wisata.

“Pertimbangannya Kota Cirebon itu sempit dan banyak perusahaan baru yang berdiri, kemudian hotel juga seperti itu,” sambung Icip.

Icip optimis capaian investasi di Kota Cirebon pada tahun ini akan  kembali  menyentuh angka Rp1 triliun lebih. “Kami optimis target investasi bisa Rp1 triliun. Namun, kalau untuk meningkatkan Rp1,5 triliun belum berani,” jelasnya. (wan)

Sumber: