Nasdem Cirebon Masih Menyaring Calon Bupati

Nasdem Cirebon Masih Menyaring Calon Bupati

CIREBON – DPW Nasdem Provinsi Jawa Barat terus memonitor terhadap para kader partai yang dianggap cocok untuk meramaikan pemilihan bupati Cirebon 2018 mendatang. Wakil Ketua Bidang Otonomi Daerah DPW Nasdem, Yuyun Wahyu Kurnia, menyebutkan hingga kini belum ada instruksi dari DPP terkait pilbup tersebut. 
\"partai
Partai Nasdem. image by id.wikipedia.org
Namun, pihaknya terus memonitor terhadap kader partai  sudah mulai dilakukan sejak awal tahun. Diakuinya, kader Nasdem di Kabupaten Cirebon yang popularitasnya cukup tinggi masih dipegang oleh Ketua DPD NasDem Kabupaten Cirebon, Sukaryadi. 

Bahkan, dirinya pun menilai popularitas Sukaryadi akan mampu menyaingi petahana, Bupati Drs H Sunjaya Purwadisastra MM Msi, mengingat Sukaryadi pernah menjadi ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon.

“Popularitas memang tinggi, saya akui itu. Kedudukannya sebagai mantan ketua FKKC memengaruhi tingkat popularitasnya, NasDem berani bersaing dengan petahana,” kata Yuyun.

Menurut Yuyun, dirinya pun mendapatkan laporan jika para kuwu masih memegang loyalitas kepada Sukaryadi. Apalagi, saat ini sudah ada beberapa kuwu yang datang kepada Sukaryadi untuk mendukungnya maju dalam pilbup.

“Kalau memang didukung oleh para kuwu dan masyarakat secara luas, maka NasDem pun akan mendukung penuh,” ucapnya.

Yuyun menambahkan, meski popularitas Sukaryadi tidak terbendung, namun NasDem tetap memberikan kesempatan luas kepada pihak di luar partai untuk mencalonkan diri melalui partai besutan Surya Paloh ini.

“Nanti survei juga akan dilakukan kepada pihak di luar partai. Kendati kami sebenarnya menginginkan kader partai sendiri yang maju,” ucapnya.

Mengenai elektabilitas yang dimiliki Sukaryadi, menurutnya, maka itu tergantung Sukaryadi sendiri. 
“Bagaimana dia meyakinkan para kuwu, juga masyarakat secara luas. Tapi sebagai ketua partai saya yakin dia punya strategi sendiri, selain nantinya didorong juga oleh partai di Jawa Barat serta pusat,” ungkapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Sukaryadi mengatakan, dirinya masih mempertimbangkan posisinya saat ini di DPRD saat berpikir untuk maju di pilbup 2018. Namun, diakuinya beberapa kuwu suda datang melakukan pendekatan untuk mendorongnya maju di pilbup tersebut.

“Kalau maju, maka otomatis kan di DPRD harus ditinggalkan. Tapi, nanti bagaimana keputusan DPP saja. Beberapa kuwu memang sudah datang untuk mendukung,” ucapnya.

Sukaryadi juga mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya pun sempat dipanggil oleh DPP NasDem terkait pilbup 2018 tersebut. Namun, Sukaryadi tidak menyebutkan isi pertemuan dengan pihak DPP tersebut. “Tergantung hasil survey nanti saja. Survei kan belum dimulai,” ujarnya.(yog)

Sumber: